Cek HP! 21,29 Juta Orang Dapat Bantuan Kuota Gratis Bulan Ini

Tech - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
15 November 2021 09:05
Infografis: Nadiem Cairkan Kuota Internet Gratis Belajar Online, Cek HP!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memperpanjang bantuan subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang semula berakhir pada Mei lalu. Bantuan ini untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yang masih dilakukan di sejumlah daerah.

Bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan langsung kepada nomor telepon pelajar dan pengajar yang sudah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengemukakan, pada bulan ini sebanyak 21,29 juta tenaga pendidik dan peserta didik akan mendapatkan bantuan tersebut.


"Kami berharap bantuan kuota gratis internet menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya," kata Nadiem dikutip melalui keterangan resmi, Senin (15/11/2021).

Bantuan ini akan siberian kepada 906 ribu nomor peserta didik PAUD, 6,8 juta peserta didik SD, 3,8 juta peserta didik SMP, 2,5 juta peserta didik SMA, dan 2,4 juta peserta didik SMK.

Kemudian 41 ribu peserta didik SLB, 22 ribu peserta didik kesetaraan, 1,2 juta guru, 192 ribu mahasiswa vokasi, 3,2 juta mahasiswa akademik, 10 ribu dosen vokasi dan 117 ribu dosen akademik.

Berikut besaran kuota internet yang diterima:

Kuota Internet, Kemdikbud.riFoto: Kuota Internet, Kemdikbud.ri
Kuota Internet, Kemdikbud.ri

Sebagai informasi, bantuan kuota gratis pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang dilarang Kominfo.

Bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Laman yang tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota Kemendikbud Ristek terdiri atas media sosial, game, dan aplikasi video. Beberapa di antaranya seperti Instagram, Periscope, Snackvideo, Facebook, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Clash of Clans, Candy Crush, Garena AOV, Garena Free Fire, Tiktok, Viu, Netflix, dan Likee.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading