26,6 Juta Orang Bakal Terima Kuota Internet Gratis Bulan Ini!

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 October 2021 14:19
Infografis/Besok Ditransfer! Segini Besaran Kuota Internet Gratis/Aristya Rahadian Foto: Infografis/Besok Ditransfer! Segini Besaran Kuota Internet Gratis/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memperpanjang bantuan subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang semula berakhir pada Mei lalu. Bantuan ini untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas yang masih dilakukan di sejumlah daerah.

Bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan langsung kepada nomor telepon pelajar dan pengajar yang sudah terdaftar di sistem data pokok pendidikan (Dapodik).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengemukakan, pada bulan ini sebanyak 26,6 juta tenaga pendidik dan peserta didik akan mendapatkan bantuan tersebut.


"Bantuan kuota internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran baik bagi yang sudah PTM terbatas, maupun PJJ," kata Nadiem, dikutip keterangan resmi, Selasa (12/10/2021).

Bantuan bagi para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen itu akan diproses terhitung mulai sejak tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Anda bisa mengecek apakah sudah mendapatkan bantuan tersebut atau tidak.

Secara rinci, bantuan kuota akan disalurkan ke nomor 24,9 juta peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi, serta 1,73 juta pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

"Kuota data disalurkan kepada nomor ponsel yang telah berhasil diverifikasi dan divalidasi sehingga dipastikan akan menerima bantuan," jelasnya.

Berikut besaran kuota internet yang akan diterima :

Kuota Internet, Kemdikbud.riFoto: Kuota Internet, Kemdikbud.ri
Kuota Internet, Kemdikbud.ri

Sebagai informasi, bantuan kuota gratis pada 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang dilarang Kominfo.

Bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Laman yang tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota Kemendikbud Ristek terdiri atas media sosial, game, dan aplikasi video. Beberapa di antaranya seperti Instagram, Periscope, Snackvideo, Facebook, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Clash of Clans, Candy Crush, Garena AOV, Garena Free Fire, Tiktok, Viu, Netflix, dan Likee.

Bagi nomor ponsel yang sebelumnya menggunakan kuotanya 0 (nol) byte alias tidak menggunakan bantuan sama sekali, maka bantuan paket kuota data internet untuk nomor ponsel tersebut dihentikan pada bulan September dan Oktober 2021.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading