Hore! Kreator Instagram Kini Bisa Dapat Uang, Begini Caranya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 November 2021 08:10
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Para kreator akan segera bisa mendapatkan uang dari Instagram. Aplikasi itu diketahui akan menambah fitur berlangganan yang membuat pengguna membayar saat melihat Stories ataupun mengakses konten atau media.

Laporan Gadgets NDTV menyebutkan daftar Apple App Store Instagram menunjukkan adanya kategori Subscriptions atau berlangganan di bawa pembelian dalam aplikasi. Kategori ini baru terlihat di dua negara yakni Amerika Serikat (AS) dan India, dikutip Kamis (11/11/2021).

Menurut laporan yang sama, sejumlah pengguna di Twitter juga mengonfirmasi kehadiran pilihan pembelian dalam aplikasi itu di Inggris.

Tech Crunch menuliskan pembaruan dalam aplikasi iOS itu menghadirkan layanan bernama Instagram Subscriptions. Harganya berkisar dari US$0,99 hingga US$4,99 (Rp 14.200 - Rp 71.600) di Amerika Serikat.

Laporan Tech Crunch mengatakan layanan pembelian dalam aplikasi di App Store Instagram AS tersedia sejak 1 November dengan harga US$4,99. Baru pada 3 November ditambahkan opsi lainnya US$0,99, ungkap Sensor Tower.


Sementara di App Store harga paketnya 89 Rupee atau sekitar Rp 17.100 perbulannya.

Dengan fitur baru ini, para kreator bisa berbagi foto dan menjual aksesnya secara eksklusif di Instagram nantinya.

Pihak Instagram belum mengonfirmasi secara resmi adanya pembelian dalam aplikasi ini. Belum diketahui juga apakah perusahaan akan mulai menguji fitur ini di pasar lain di masa depan.

Sebelumnya, Twitter juga telah memperkenalkan fitur yang sama pada awal tahun ini. Dengan nama Super Follows, kreator bisa mendapatkan pendapatan bulanan dengan berbagi konten khusus.

Twitter memperkenalkan konsep Super Follows pada Februari. Di September, fitur diperkenalkan pada pengguna iOS di AS dan Kanada untuk fase pertama. Harga bulanannya berkisar US$2,99 (Rp 42.700), US$4,99, dan US$9,99 (Rp 142.800).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading