Telkomsel Suntik Gojek & Startup Lainnya, Apa Untungnya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 November 2021 14:43
Telkomsel

Jakarta, CNBC Indonesia - Perlahan namun pasti Telkomsel kini bertransformasi dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan digital telekomunikasi. Ini guna menjawab mempercepat Indonesia sebagai negara digital.

Transformasi ini tidak membuat Telkomsel meninggalkan bisnis utama dalam bidang telekomunikasi. Telkomsel tetap menjadi operator seluler yang menyediakan jasa layanan telekomunikasi dan internet.

Transformasi ini hanya menambah cakupan luas bisnis yang dikembangkan oleh anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) ini. Kini Telkomsel aktif mengembangkan sistem ekonomi digital guna mengakselerasi pembangunan bangsa.


Salah satu aktivitas yang paling kentara dari transformasi ini adalah aktifnya Telkomsel untuk mendanai startup pontensial. Melalui anak usahanya Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Telkomsel telah menyuntikkan dana lebih dari US$40 juta dalam pengembangan startup seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Telkomsel juga secara langsung sudah menyuntikkan dana di PT Karya Anak Bangsa (Gojek) dengan total nilai US$450 juta. Kolaborasi ini punya misi besar mendigitalisasi jutaan UMKM yang selama ini jadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Membawa UMKM naik kelas menjadi bisnis kekinian.

Suntikan dana ini tidak boleh dipandang sebagai aksi bakar uang, namun harus dilihat sebagai investasi masa depan untuk memperkuat ekosistem. Dalam dunia digital, ekosistem menjadi kunci utama agar dapat memenangkan persaingan.

Dengan ekosistem yang terpadu dengan startup, Telkomsel akan dapat melayani pelanggan dengan lebih baik. berbagai kebutuhan pelanggan akan mampu dilayani oleh Telkomsel. Istilahnya Telkomsel akan menjadi super app yang menawarkan one stop solution bagi pelanggannya.

Direktur Eksekutif ICT Institute, Heru Sutadi, mengatakan langkah Telkomsel dengan berinvestasi pada startup terutama Gojek sudah tepat. Sebab ini merupakan upaya membangun dan memperluas ekosistem.

"Kemajuan perusahaan digital adalah mampu membangun, mempertahankan dan memperluas ekosistem. Ekosistem transportasi online merupakan wilayah baru yang bisa dioptimalkan kini dan ke depannya," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (10/11/2021).

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>>

Investasi Telkomsel di Startup Untungkan Telkom
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading