Wow! Facebook Meta Buat Kulit Elektronik, Siapkan Terminator?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 November 2021 06:55
Facebook CEO Mark Zuckerberg is seen fencing in the

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama setelah Facebook mengumumkan mengubah namanya menjadi Meta, namun sederet pekerjaan baru dikabarkan sudah mulai dilakukan di bawah nama baru itu. Salah satunya adalah pengembangan kulit elektronik.

Proyek pertamanya itu, Meta akan bekerja sama dengan Carnegie Mellon University. Keduanya akan mengembangkan kulit elektronik yang sensitif atas sentuhan, dikutip dari New Atlas, Kamis (4/11/2021).

Bahan itu bernama ReSkin, yakni berbentuk membran elastomer elastis dan fleksibel. Tebalnya sekitar 2-3 mm dengan adanya mikropartikel magnetik yang tertanam.


Di dalam kulit sensitif itu kabarnya dapat dimasukkan ke dalam barang seperti tangan robot, prostesis, atau perangkat yang dapat digunakan sebagai 'smart', seperti sarung tangan yang bisa membuat seseorang merasa saat disentuh orang lain.

Jadi saat membran mengubah bentuk menjadi cara apapun, jarak antara partikel magnetik berubah. Ini akan mengubah medan magnet material.

Magnetometer kecil, yang berada di bawah material atau suatu tempat, akan mampu mengukur variasinya. Serta dianalisis dengan algoritma khusus yang akan menentukan seberapa besar gaya yang ditetapkan dan membran mana diterapkan.

ReSkin tak akan memasukkan komponen elektronik apapun dan terprogram dengan apapun. Ini agak berbeda dengan sejumlah kulit buatan sentuhan sensitif lainnya.

Artinya pembuatan ReSkin menjadi mudah dan murah. Selain juga mudah diganti pada bagian yang rusak tanpa harus melakukan pemasangan ulang atau kalibrasi kembali.

Dalam laporan New Atlas, pada pengujian yang dilakukan ReSkin sejauh ini terbukti dapat mendeteksi dan mengukur kekuatan tindakan. Misalnya melempar, menangkap, tergelincir dan bertepuk tangan.

Serta terbukti bisa cukup lama untuk bertahan. Yakni bisa mempertahankan fungsi setelah lebih dari 50 ribu interaksi dan menampilkan resolusi spasial 1 mm dengan akurasi mencapai 90%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Detik-detik Facebook Ganti Nama Menjadi Meta


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading