Pengumuman! Kartu Prakerja Gelombang 22 Telah Dibuka

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
25 October 2021 12:58
Infografis, Ayo Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 16 Resmi Dibuka

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali membuka gelombang 22 Kartu Prakerja. Gelombang ini akan menjadi gelombang pendaftaran terakhir pada tahun ini.

Adanya pembukaan Kartu Prakerja gelombang 22 diambil dari status peserta Kartu Prakerja yang dicabut hingga gelombang 21, sebanyak 50.000 peserta.


Dalam akun resmi instagram Kartu Prakerja, dijelaskan, pembukaan gelombang 22 akan berlangsung selama beberapa hari. Sehingga para masyarakat yang ingin menjadi peserta tidak perlu terburu-buru.

"Proses seleksi tidak berdasarkan siapa yang mendaftar pertama. Informasi lengkap seperti pendaftaran dapat dibaca di www.prakerja.go.id/tanya-jawab," seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (25/10/2021).

Adapun untuk masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta Kartu Prakerja dapat langsung mengunjungi situs www.prakerja.go.id. Berikut langkah-langkah untuk mendaftarnya:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer.

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu.

3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar.

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.

5. Klik "Gabung" pada Gelombang yang sedang dibuka.

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang di dashboard.

Seperti diketahui, di tahun ini pemerintah menargetkan untuk memberikan program Kartu Prakerja kepada 5,91 juta orang. Peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali.

Pemerintah mencatat, insentif Kartu Prakerja yang telah disalurkan ke peserta hingga Oktober 2021 mencapai Rp 9,42 triliun. Pendaftar Program Kartu Prakerja pun tercatat telah mencapai 75 juta orang sejak program ini diluncurkan pada 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading