4.000 Sudah Diblokir, Kenapa Pinjol Ilegal Terus Berkeliaran?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 October 2021 13:55
INFOGRAFIS, Waspada, Ini 7 Pinjol Resmi yang Dicabut Izinnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Ribuan pinjaman online (pinjol) ilegal sudah diblokir. Namun seperti cerita lama, sudah diblokir tapi nanti akan bertumbuhan lagi layanan ilegal lain dan muncul di masyarakat.

Namun sebenarnya pelaku pinjol ilegal itu sama aja. Efrinal Sinaga, seorang praktisi keuangan mengatakan mesin yang digunakan sama saja.

"Pinjol ilegal mudah sekali itu sistem tinggal di-copy aja. Nanti platform A pada saat dibredel sore pake platform B mesin itu saja," kata Efrinal saat dihubungi CNBC Indonesia, Selasa (19/10/2021).


Fenomena saat ini, menurutnya karena sosialisasi legal dan ilegal belum banyak kepada masyarakat. Layanan pinjaman tersebut juga dicari karena bisa memenuhi kebutuhan mendesak tanpa perlu proses yang sulit.

"Kenapa bisa terjadi karena masyarakat belum banyak tersosialisasi legal dan ilegal. Kebutuhan mendesak butuh duit tanpa susah-susah proses berbelit tanpa ke bank," ungkapnya.

Masalah edukasi juga diungkapkan Piter Abdullah, Ekonom Core Indonesia. Selain itu juga apabila edukasi sudah dilakukan namun masyarakat untuk membacanya tidak ada waktu atau bertanya lebih lanjut.

Piter juga mengatakan orang terkena penipuan pinjol ini karena ada kebutuhan mendesak. Misalnya saat butuh uang untuk masuk rumah sakit ternyata saat menggunakan handphone ada tawaran pinjaman cepat tanpa agunan.

Mereka yang meminjam dari layanan pinjol ini juga ternyata tidak punya tempat untuk meminjam lagi. "Kepepet duit masuk RS, masuk ke ponsel solusi pinjaman cepat tanpa agunan orang kepepet enggak berpikir panjang. Enggak punya tempat untuk pinjam yang lain," jelasnya.

Piter juga menegaskan jika fenomena yang terjadi adalah tindakan kriminal. Menurutnya ini adalah tindakan menipu dan memeras para korbannya.

Seharusnya yang menangani bukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) namun langsung ke kepolisian. Para pinjol ilegal ini berbeda dengan platform legal yang diawasi oleh OJK. Mereka tidak perlu untuk melapor ke lembaga terbaik.

"Ini bukan pinjol ini tindakan kriminal. Penanganan enggak perlu OJK, polisi langsung menangani," ungkap Piter.

"Saya membuat membuat lembaga keuangan. izin dari OJK dan setelah diawasi OJK. Setelah mendapat izin saya melakukan kesalahan saya ditegur OJK, melakukan tindakan kriminal alurnya seperti itu".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Heboh di Medsos, Wagub Lampung Diteror Pinjol Ilegal


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading