Kabar Sedih Bagi Kamu yang Mendambakan iPhone 13

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
20 October 2021 16:10
Antrian pembeli Iphone 13 di New York. (AP/Richard Drew)

Jakarta, CNBC Indonesia - JPMorgan memangkas proyeksi penjualan iPhone pada masa liburan ini, karena terjadinya krisis chip secara global dan penutupan pabrik di Asia. Kedua hal ini diperkirakan akhirnya berimbas pada penjualan produk perusahaan.

Analis Samik Chatterjee mengatakan proyeksi pendapatan dari iPhone pun dipangkas menjadi US$ 63 miliar untuk kuartal I-2022 atau turun 4%. Dilansir dari Reuters, Needham mengatakan pihaknya memperkirakan pengiriman iPhone 13 menjadi total 80 juta unit pada kuartal pertama.

Selain itu, memangkas perkiraan untuk kuartal liburan sebesar 10 juta unit dengan alasan masalah rantai pasokan termasuk kekurangan chip.


Untuk kuartal IV-2021, JP Morgan memproyeksikan iPhone menghasilkan pendapatan sebesar US$ 46 miliar setelah menjual 58 juta unit, sedikit lebih tinggi dari perkiraan Wall Street sebesar US$ 41 miliar.

Menurut Refinitiv IBES, analis memperkirakan sekitar 45 juta unit untuk kuartal liburan dan 79,4 juta unit pada kuartal I. Sementara Apple telah mengatasi krisis pasokan lebih baik daripada banyak perusahaan lain karena daya belinya yang besar dan perjanjian pasokan jangka panjang dengan vendor chip.

Kemacetan rantai pasokan dan penguncian (lockdown) di negara-negara seperti Vietnam pada paruh kedua tahun ini menghambat jadwal produksinya. Bloomberg News melaporkan pekan lalu bahwa perusahaan yang berbasis di Cupertino, California kemungkinan akan memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit karena kekurangan chip global.

Saat ini pelanggan yang menginginkan iPhone 13 telah diuji kesabarannya dengan salah satu waktu tunggu terlama untuk ponsel dalam beberapa tahun terakhir, kata para analis.

"Kami terus melihat permintaan yang kuat untuk iPhone 13 dan 5G iPhone SE relatif terhadap ekspektasi investor yang rendah untuk bertindak sebagai katalis tidak berubah besarnya, meski waktu realisasi tertunda karena hambatan pasokan," kata Chatterjee.

Namun, Apple mengatakan pada hari Senin bahwa dua model MacBook Pro baru, yang berjalan pada chip internal yang lebih kuat, dan AirPods 3 baru, akan mulai dikirimkan minggu depan.

Pengumuman Apple tentang inovasi perangkat keras untuk musim liburan meskipun kekurangan chip menunjukkan perusahaan melenturkan otot rantai pasokannya, kata analis Wedbush Daniel Ives.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading