Bukan HP China Xiaomi, Vivo & Oppo, Ini Raja Smartphone Dunia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 October 2021 12:20
Toko Elektronik HP (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo masih belum mampu mengeser posisi Samsung sebagai penguasa pasar smartphone dunia. Ini. merupakan hasil riset dari Canalys.

Pada kuartal III-2021, Canalys mencatat Samsung menguasai 23% pangsa pasar smartphone dunia. Peringkat kedua ada Apple dengan pangsa pasar 15% yang terdongkrak karena peluncuran iPhone 13.

Selanjutnya ada Xiaomi dengan pangsa pasar 14%. Lalu ada Vivo dan Oppo yang memiliki pangsa pasar masing-masing 10%, seperti dikutip CNBC Indonesia dari keterangan resmi Canalys, Senin (18/10/2021).


Canalys mencatat pada kuartal III-2021 pengiriman smartphone global turun 6%. Penyebabnya vendor smartphone harus menghadapi kelangkaan komponen.

Pasar smartphone global kuartal III-2021Foto: Pasar smartphone global kuartal III-2021 (Doc. Canalys)

"Kelangkaan chipset telah benar-benar tiba," ujar Analis Utama Canalys Ben Stanton. "Industri smartphone berusaha memaksimalkan produksi perangkat sebaik mungkin."

"Di sisi pasokan, manufaktur chipset meningkat harga sebagai disinsentif dari permintaan yang besar. Kelangkaan pasokan chip diprediksi akan berlangsung hingga 2022."

Canalys memprediksi smartphone yang disimpan para penjual semakin menipis. Permintaan akan smartphone pada gelombang berikutnya sulit terpenuhi. Ini bakal berpengaruh pada pemberian diskon yang tidak agresif dari vendro smartphone.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading