Cara Cepat Temukan HP yang Hilang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 October 2021 17:53
People use smartphones on a sidewalk in Jakarta, Indonesia, February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone yang hilang bisa jadi masalah besar saat ini sebab segala aktivitas kita tersimpan di sana. Namun ada cara cepat untuk menemukan HP yang hilang tersebut.

Cara itu bahkan tidak memerlukan aplikasi lain. Kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi baru untuk menemukan HP yang hilang itu.

Berikut cara cepat menemukan ponsel yang hilang, dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021):


Android

Sebelumnya, kamu perlu tindakan berjaga-jaga sebelum HP hilang. Dalam laman Support Google, disebutkan ada syarat untuk ponsel dapat ditemukan atau melakukan aktivitas lain saat smartphone hilang. Berikut syaratnya:

  • Dalam keadaan nyala
  • Login ke akun Google
  • Terhubung dengan internet, bisa lewat data seluler serta Wi-fi
  • Terlihat di Google Play
  • Lokasi dalam keadaan aktif
  • Mengaktifkan aplikasi Temukan Perangkat Saya

Nah untuk menemukan HP tersebut, bisa masuk ke laman android.com/find. Lalu ikuti langkah berikut:

1. Jika ada beberapa ponsel dalam akun Google, pilih perangkat yang hilang. Namun jika ponsle yang hilang punya lebih dari satu profil pengguna, maka masuk dengan Akun Google yang ada di profil utama.

2. HP yang hilang akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi.

3. Akan ada peta yang menginformasi lokasi ponsel. Sebagai catatan, lokasi itu hanya perkiraan dan kemungkinan tidak akurat. Apabila HP tidak ditemukan maka bisa mencari melalui lokasi terakhir yang diketahui.

4. Akan ada tiga opsi di layar, yaitu:

a. putar suara, yakni membuat ponsel berbunyi dengan bolume penuh selama lima menit walaupun HP dalam keadaan silent atau getar.
b. perangkat aman, kunci ponsel dengan pin, pattern atau password. Ponsle yang tidak memiliki kunci bisa juga diatur. Bahkan juga bisa menambahkan pesan atau nomor ponsel pada layar kunci.
c. hapus perangkat, ini bisa dilakukan apabila HP dipastikan tidak akan kembali. Seluruh data akan terhapus secara permanen, namun mungkin tidak akan menghapus data di SD Card. Setelah selesai, aplikasi Temukan Perangkat Saya (Find My Device) tidak berfungsi.

Sementara itu, khusus untuk Samsung memiliki layanan Find My Mobile. Dengan begitu dapat mencari, mengunci, atau menghapus ponsel yang hilang itu.

Pengguna perlu akun Samsung dan opsi Remote Control yang aktif. Sementara sebagai cara memeriksa dan melihat apakah Find My Mobile tersedia pada smartphone, ini caranya:

  1. Settings > Biometrics &Security
  2. Jika menemukan Find My Mobile dalam menu, kamu bisa menggunakan layanannya.
  3. Aktifkanya opsi Remote Controls. Caranya dengan masuk ke Settings, lalu Find My Mobile dan terakhir ke Remote Controls.

iPhone

Perangkat dari Apple ini memiliki aplikasi Find My iPhone. Ini dapat digunakan untuk menemukan iPhone yang hilang dan telah terinstall pada tiap perangkat iOS.

Melansir Digital Trends, aplikasi akan menampilkan ponsel yang hilang pada peta untuk menemukan dan mengelola iPhone.

Perlu diingat, untuk menggunakan Find My iPhone perlu ponsel, tablet, atau komputer dengan dukungan iOS. Ini cara menggunakannya.

  • Tekan Settings > Nama Apple ID > Find My.
  • Berikutnya akan masuk ke Find My, aktifkan Find My iPhone jika dalam keadaan mati.
  • Aktifkan Enable Offline Finding dan Send Last Location. Dengan cara ini membantu mengirimkan lokasi terakhir ponsel dalam layanan internet apabila iPhone dalam keadaan mati.
  • Kembali lagi ke Settings > Apple ID. Scrolling layar untuk melihat seluruh perangkat yang ada dalam daftar. Tekan pada perangkat yang hilang. Berikutnya akan masuk dalam Device Info untuk mencarinya.
  • Tekan Find My lanjutkan dengan klik Show in Find My iPhone. Berikutnya akan terlihat lokasi tepat ponsel dan cara menuju ke lokasi.
  • Layanan memberikan pilihan untuk ponsel bisa mengeluarkan suara, menandainya jadi perangkat yang hilang serta mengirimkan pesan dalam mode hilang.
  • Ada juga opsi hapus perangkat jika jatuh ke tangan yang salah.

Pada perangkat yang hilang, bisa menggunakan Activation Lock dan mengaktifkannya secara default. Layanan ini mengharuskan orang yang menggunakan HP mengklik Apple ID dan password sebelum mematikan layanan Find My iPhone, menghapus perangkat atau mengaktifkannya kembali.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading