Temukan Perangkat Saya, Cara Cari Android & iPhone Hilang

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2021 19:00
FILE PHOTO: Men are silhouetted against a video screen as they pose with smartphones in this photo illustration May 17, 2013. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Kamu mungkin jadi orang yang pelupa menaruh HP atau bahkan sering menghilangkan perangkat tersebut. Bahkan kamu cukup kesulitan untuk mengingat terakhir kali meletakkan HP sebelum raib.

Namun ada berbagai cara untuk bisa menemukan ponsel dengan mudah. Termasuk menggunakan aplikasi bawaan pada ponsel tersebut.

Cara-cara di bawah ini mungkin bakal kamu butuhkan saat kehilangan HP nanti. Berikut caranya:


Android

Untuk pengguna Android, dapat menggunakan Find My Device (Temukan Perangkat Saya) dari Google. Pada laman Support, ada sejumlah syarat untuk bisa menemukan HP yang hilang.

Syarat dimulai dari HP harus dalam keadaan menyala, masuk ke akun Google, terkoneksi dengan daya seluler atau WiFi, Ada di Google Play, aktifkan lokasi serta Find My Device.

Saat ponsel hilang, kamu harus menuju ke laman android.com/find. Setelah itu, berikut cara menemukan HP:

1. Masuk ke android.com/find dan masuk ke akun Google. Jika punya lebih dari satu perangkat, tekan telepon yang hilang di bagian atas layar.

Apabila ponsel yang hilang lebih dari satu profil, masuk dengan akun Google di profil utama.

2. Setelah itu ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi.

3. Terdapat informasi peta lokasi ponsel. Sebagai catatan, lokasi ini adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat. Peta akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui jika perangkat tidak ditemukan.

4. Ada pilihan di bagian bawah layar:

  1. putar suara, opsi ini sebagai cara membunyikan ponsel dengan volume penuh selama lima menit. HP akan bersuara meski dalam keadaan silent atau getar.
  2. perangkat aman: ponsel akan dikunci dengan pin, pattern atau password. Jika tidak ada juga bisa diatur. Apabila ingin orang yang memegang ponsel bisa mengembalikannya, bisa juga menambahkan pesan atau nomor ponsel di layar kunci.
  3. hapus perangkat: dengan cara ini maka semua data akan terhapus secara permanen tapi kemungkinan tidak untuk data di SD Card. Setelah melakukan fungsi ini maka layanan Find My Device tidak bisa berfungsi.

Opsi lain dapat digunakan untuk smartphone Samsung dengan menggunakan layanan Find My Mobile. Cara tersebut bisa mencari, mengunci, atau menghapus pada ponsel yang hilang.

Pemilik ponsel hanya memerlukan akun Samsung serta Remote Controls yang diaktifkan dalam perangkat. Ini cara untuk melihat apakah Fund My Mobile tersedia di dalam HP:

  • Buka Settings > Biometrics & Security
  • Jika terdapat Find My Mobile di menu maka bisa menggunakan layanannya.
  • Lalu aktifkan opsi Remote Control, caranya dengan masuk ke Settings > Find My Mobile > Remote Controls.

Cara Menemukan iPhone yang Hilang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading