Cara Mudah Melacak HP yang Hilang, Bisa Keadaan Mati & Nyala

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 November 2021 13:30
People use smartphones on a sidewalk in Jakarta, Indonesia, February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta

Jakarta, CNBC Indonesia - Cara melacak HP yang hilang wajib diketahui oleh para penggunanya. HP merupakan kebutuhan primer masyarakat yang banyak sekali fungsinya. Selain untuk berkomunikasi, sekarang HP sudah digunakan sebagai alat transaksi elektronik.

Bayangkan HP yang sudah menyimpan banyak momen foto dan dokumen-dokumen penting harus hilang begitu saja.

Beruntung bila seseorang yang menemukan langsung mengembalikan kepada pemiliknya. Namun, bagaimana jika HP yang hilang jatuh ke tangan orang yang memiliki niat jahat?


Ada kemungkinan-kemungkinan HP Anda digunakan untuk hal-hal negatif. Lalu apakah HP yang hilang masih bisa dilacak? Mari kita bahas.

Cara Melacak HP Yang Hilang

Ketika Anda kehilangan HP, kontrol rasa panik dan segeralah mencari cara untuk melacaknya selagi bisa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Lacak Lewat Layanan Google

Mesin pencarian yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini ternyata dilengkapi dengan fitur layanan menemukan ponsel sampai dengan jam tangan Wear OS yang hilang.

Google juga memiliki fitur untuk mengunci dan menghapus data-data HP yang hilang bagi pengguna Android. Hanya dengan akses internet, Anda bisa melacak HP yang hilang melalui layanan Google dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs web https://www.google.com/android/find dan setujui Google untuk melacak lokasi.
  • Login ke akun Google yang tersedia di HP Anda.
  • Jika akun tersebut tersangkut di lebih dari satu HP, tinggal pilih dan klik jenis HP yang hilang di pojok kiri atas halaman.
  • Jika HP memiliki lebih dari satu profil akun google, login dengan akun google yang menjadi profil utama di ponsel Anda.
  • Nantinya akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service.
  • Setelah itu, akan muncul informasi mengenai lokasi HP Android berada di maps.

Namun, lokasi HP Android Anda bisa saja tidak akurat dan merupakan lokasi perkiraan saja. Jika Anda tidak dapat menemukannya, silahkan melihat lokasi terakhir HP jika tersedia.

Lalu apa yang bisa dilakukan di fitur lacak HP milik Google ini selain menemukan lokasi? Setidaknya ada beberapa fitur lainnya yang bisa membantu Anda menemukan informasi keberadaan HP Android yang hilang.

* Putar Suara (Play Sound): Fitur ini digunakan untuk membuat HP berdering selama 5 menit tanpa henti walaupun dalam keadaan mode getar atau silent.

* Amankan Perangkat (Secure Device): Anda bisa mengunci perangkat dengan PIN, pola atau password dan mengirimkan pesan seperti nomor HP ke layar kunci Anda. Hal ini berguna agar mempermudah orang yang menemukan HP untuk menghubungi pemiliknya.

* Hapus Perangkat (Eraser Device): Berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di HP secara permanen. Namun, data-data yang ada di memori eksternal seperti kartu SD mungkin tidak akan ikut terhapus. Jika Anda menggunakan fitur ini, maka aplikasi Find My Device tidak bisa digunakan lagi.

Tipsnya, Anda bisa mendatangi lokasi yang tertera pada maps di Google, lalu aktifkan fitur "Putar Suara" untuk menderingkan HP Anda selama 5 menit dan memudahkan mencari tahu lokasi HP.


Cara Melacak HP Hilang Buat Android dan iPhone

2. Lacak via Email
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading