Astronom Temukan 5 Planet Mengerikan, Ada yang Mirip Bumi!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 October 2021 12:50
Infografis: Rusia Jawaranya, Ini Daftar Negara yang Nyampah di Antariksa Foto: Infografis penjelajahan luar angkasa/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama bertahun-tahun para Astronom menjelajah luar angkasa untuk menemukan planet baru menyerupai Bumi yang bisa ditempati manusia jika suatu hari planet ini sudah tak layak huni.

Dalam pencarian itu ada beberapa planet yang ditemukan. Namun tak semua punya kondisi sama dengan Bumi. Bahkan beberapa di antaranya memiliki kondisi ekstrem yang berbeda jauh dari Bumi.

Berikut daftar 9 planet yang memiliki kondisi ekstrem yang tak layak huni manusia, seperti dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:


1. TOI-1431b

Planet TOI-1431b ditemukan oleh astronom Queensland. Nama lain planet ini adalah MASCARA-5b. Planet ini berjarak sekitar 490 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini disebut terlalu panas untuk mendukung kehidupan.

Suhu planet ini siang hari mencapai 2.700 derajat celcius dan malam hari 2.300 derajat celcius. Dengan suhu ini sebagian besar logam akan menguap. Planet ini pun disebut sebagai 'dunia neraka', seperti dikutip dari ABC News, Kamis (15/10/2021).

2. Planet HD 189733 b

Planet HD 189733 b ditemukan tahun 2005 silam. Planet ini diselimuti warna biru yang awalnya dianggap mirip dengan Bumi. Jaraknya 63 tahun cahaya dari Bumi. Namun planet ini juga tak layak huni manusia.

Angin di planet ini bertiup dengan kecepatan hingga 5.400 mph atau 8.700 km/jam atau sekitar tujuh kali kecepatan cahaya. Para ilmuwan menilai hujan di planet ini tidak terbuat dari air, tetapi dari kaca cair, seperti dikutip dari Space.com.

3. Planet Wasp-76b

Planet ini disebut berukuran dua kali dari Jupiter. Jaraknya 640 juta tahun cahaya dari Matahari. Planet ini memiliki kondisi yang ekstrem. Suhu siang hari bisa mencapai 2.400 derajat celcius, cukup panas untuk menguapkan logam.

Suhu malam hari mendekati minus 1.000 derajat celcius yang memungkinkan logam-logam mengembun. Hujan di planet ini bukan berbentuk air, tetapi tetesan besi yang memercik ke bawah, seperti dikutip dari BBC.

4. Planet COROT-7b

Planet ini disebut mirip dengan Bumi karena termasuk planet berbatu. Jaraknya diperkirakan 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Namun planet ini memiliki suhu yang panas. Suhu tertinggi mencapai 1.000 derajat Celcius ini karena posisinya yang sangat dekat dengan bintangnya.

Planet ini juga disebut memiliki hujan berupa kerikil-kerikil kecil, bukan air. Ini karena atmosfernya terdiri dari bahan yang sama dengan batu, di antaranya besi, silikon monoksida natrium dan kalium.

5. Planet GJ 1214b

Planet ini ditemukan para astronom pada 2009 silam. Planet ini berjarak 40 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ophiuchus. Sebagian besar masa planet ini terdiri dari air.

Suhu permukaan planet ini mencapai 230 derajat Celcius dan terlalu panas untuk menampung kehidupan yang kita kenal.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading