Nekat Pakai Aplikasi Ini? Awas WhatsApp Diblokir Permanen!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
14 October 2021 06:35
A 3D printed Whatsapp logo is pictured on a keyboard in front of binary code in this illustration taken September 24, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: Whatsapp (REUTERS/Dado Ruvic)

Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp Modifikasi (WhatsApp Mod) cukup menggoda untuk digunakan. Sebab menawarkan fitur-fitur yang lebih menarik ketimbang yang resmi. Tapi tahukah kamu jika itu adalah aplikasi pihak ketiga ilegal, Artinya bukan aplikasi resmi dari WhatsApp?

WhatsApp sendiri mengambil tindakan tegas bagi yang menggunakan WhatsApp modifikasi. Aplikasi milik Facebook ini bahkan mengancam akan memblokir permanen pengguna yang memakai aplikasi tidak resmi ini.

"Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda "Diblokir sementara", ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi," tulis WhatsApp, dikutip Kamis (14/10/2021).


WhatsApp menjelaskan WhatsApp modifikasi tidak dikembangkan oleh WhatsApp ataupun Facebook Inc. Perusahaan menyatakan aplikasi-aplikasi bermasalah itu dibuat oleh pihak ketiga dan melanggar Ketentuan Layanan WhatsApp.

"WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanannya," ungkap WhatsApp.

Dalam laman tersebut, WhatsApp juga memberikan cara untuk beralih ke aplikasi resmi. Untuk menemukan nama aplikasi dapat masuk ke Opsi lainnya > Setelan > Bantuan > Info.

Berikut daftar aplikasi WhatsApp modifikasi yang membuat akun kamu diblokir permanen jika tak segera beralih ke WhatsApp resmi:

1. GB WhatsApp

Salah satu fitur yang ditawarkan GB WhatsApp yakni bisa menggunakan dua akun dalam satu perangkat yang sama. Padahal aplikasi resminya belum memiliki fitur itu.

GB WhatsApp juga memiliki fitur seperti menyembunyikan tanda pesan telah dibaca, mengirim gambar dengan resolusi tinggi, fitur balasan pesan otomatis, dan banyak karakter untuk pembaruan status.

2. Yo WhatsApp

Aplikasi ini dikembangkan oleh Yousef Al-Basha namun hanya bertahan sebentar. Berikutnya pengembangannya dilakukan Fouad Mokdad yang juga mengembangkan FM WhatsApp.

Pengguna Yo WhatsApp dapat menggunakan tiga akun sekaligus pada satu aplikasi. Pengiriman gambar dengan ukuran 100 MB dapat dilakukan di aplikasi ini dan ada juga fitur tidak menampilkan status online.

3. WhatsApp Plus

Laman Lfewire menuliskan pengguna aplikasi ini dapat mengganti warna, huruf hingga tema WhatsApp. Fitur lainnya adalah mematikan panggilan suara dan menyembunyikan gambar profil. WhatsApp Plus juga mendukung penggunaan 4 akun sekaligus dan bisa menghapus pesan yang dikirimkan.

Lifewire menambahkan WhatsApp Plus sebagai platform tidak aman. Selain juga pemasangan (install) aplikasi yang rumit dari yang standar serta karena tidak resmi maka dukungan akan WhatsAPp Plus bisa berhenti kapanpun.

4. Blue WhatsApp

Blue WhatsApp mengakui sebagai aplikasi modifikasi dari versi resminya. Sebagai informasi pengguna Blue WhatsApp Plus dapat memodifikasi warna dan tema aplikasi. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengguna internet dalam ponsel dengan semua aplikasi kecuali. Membuat tidak akan ada yang mengganggu.

Blue WhatsApp juga menawarkan fitur seperti chat yang dapat dihapus dan mencegah pesan dihapus. Selain itu akan ada pemberitahuan jika ada akun yang menghapus pesan. Fitur lainnya adalah non aktif panggilan suara dan kemampuan menjadwalkan pengiriman pesan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading