Apa Kabar Rencana Merger Indosat & Tri? Ini Bocoran Kominfo

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 October 2021 18:50
ISAT dan TRI/detik Foto: ISAT dan TRI/detik

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan Lalu Indosat Ooredoo dan Hutchinson 3 Indonesia (Tri) mengumumkan melakukan merger. Aksi penggabungan tersebut hingga saat ini masih dievaluasi oleh Kementerian Kominfo.

"Sampai saat ini, proses evaluasi oleh Kominfo atas merger Indosat Ooredoo dan Hutchinson 3 Indonesia (Tri) masih berlangsung," kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi kepada CNBC Indonesia, Selasa (12/10/2021).

Dia menjelaskan evaluasi Kominfo itu mencakup beberapa aspek. Misalnya perlindungan konsumen serta penyelenggaraan telekomunikasi.


"Evaluasi yang dilakukan meliputi aspek perlindungan konsumen, penyelenggaraan telekomunikasi, dan optimalisasi penggunaan spektrum frekuensi radio," jelasnya.

Sebagai informasi kedua perusahaan sudah mengumumkan kesepakatan melakukan merger. Hasil penggabungan tersebut akan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk ("Indosat Ooredoo Hutchison").

Dalam keterangan resmi, Kamis (16/9/2021), perusahaan hasil merger menjadi perusahaan telekomuniaksi terbesar kedua di Indonesia. Diperkirakan pendapatan tahunannya mencapai US$3 miliar.

" Perusahaan memperkirakan rasio proses (run rate) tahunan sinergi sebelum pajak akan mencapai US$300-400 juta dalam tiga hingga lima tahun ke depan," ujar perusahaan.

Aziz Aluthman Fakhroo, Managing Director of Ooredoo Group menjelaksan kesepakatan itu langka besar mencapai visi dua perusahaan. Yakni menciptakan nilai bagi pelanggan dan pemegang saham.

"Kesepakatan ini adalah suatu langkah besar untuk mencapai visi kita bersama dalam menciptakan nilai yang luar biasa untuk para pelanggan dan pemegang saham lewat penggabungan dua perusahaan telekomunikasi terdepan Indonesia untuk melahirkan perusahaan nomor dua yang lebih kuat di Indonesia, didukung oleh dua mitra yang sangat berkomitmen yaitu Ooredoo Group dan CK Hutchison," jelasnya.

"Dengan adanya kesepakatan ini, kami sekarang bisa fokus untuk menyelesaikan transaksi dan bekerja sama dengan CK Hutchison untuk menggabungkan keahlian dari masing-masing grup telekomunikasi global untuk membangun perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia di Indonesia."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading