Instagram Down Berjam-jam, Facebook Uji Senjata Rahasia Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 October 2021 18:05
REFILE - CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram mencoba inovasi baru setelah sempat down berjam-jam bersama aplikasi lain dari keluarga besar Facebook. Yakni dengan memberikan notifikasi jika hal tersebut terjadi lagi.

Saat ini Instagram sedang menguji coba fitur baru tersebut. Saat terjadi masalah teknis pada platform, maka akan ada notifikasi pada menu Activity Feed, dikutip The Verge, Selasa (12/10/2021).

Pihak Instagram mengatakan uji coba ini dilakukan pada pengguna di Amerika Serikat selama 'beberapa bulan ke depan'. Meski begitu belum ada kejelasan apakah akan dirilis pada pasar yang lebih luas.


Sebab Instagram hanya mengatakan mungkin akan meluncurkan fitur lebih luas jika membantu.

Minggu lalu, aplikasi-aplikasi dalam grup Facebook termasuk Instagram sulit diakses oleh para pengguna. Kejadian ini bahkan berlangsung sekitar 7 jam hingga akhirnya seluruh layanan bisa kembali digunakan.

Pihak perusahaan juga sudah buka suara perihal penyebab tumbangnya para aplikasi tersebut. Namun nampaknya kejadian tersebut tidak terjadi sebab kejadiannya saat pemeliharaan rutin.

Vice President of Infrastructure Facebook, Santosh Janardhan mengatakan pada beberapa titik, perintah dikeluarkan harusnya menilai ketersediaan pada jaringan tulang punggung (backbone) yang terhubung pada seluruh fasilitas komputasi Facebook berbeda.

Namun perintah itu ternyata memutus koneksi secara tidak sengaja. Bug pada sistem audit internal perusahaan tidak mencegah eksekusi perintah dilakukan dengan benar.

"Akhirnya server DNS kami menjadi tidak terjangkau, meski masih beroperasi," kata Janardhan, dikutip Engadget.

Laporan Engadget menyebutkan masalah tersebut makin rumit karena para teknisi perusahaan sulit terhubung dengan server yang harus diperbaiki.

Fungsi DNS yang bermasalah itu juga membuat tidak bisa menggunakan banyak tools internet. Yakni untuk investasi serta menyelesaikan maslaah jaringan dalam keadaan normal.

Artinya perbaikan harus dilakukan secara fisik ke data center perusahaan. "Mereka sulit untuk masuk dan saat berada di dalam, hardware dan routers didesain untuk sulit dimodifikasi bahkan saat Anda memiliki akses fisik pada mereka," kata Janardhan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading