Bitcoin Disikat China, Ini Cara Aman Main Uang Kripto

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 September 2021 13:40
Bitcoin

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2021 mungkin banyak orang yang akhirnya mencoba untuk berinvestasi aset kripto. Namun dengan banyak hal yang dapat 'menggoyang' harga seperti saat China yang gencar melarang Bitcoin Cs, bagaimana cara aman untuk berinvestasi?

Cara paling mudah adalah tidak melakukan investasi dengan uang digunakan untuk pengeluaran kebutuhan dasar atau istilahnya uang panas. Termasuk saat berinvestasi di aset kripto, ungkap Jay Jayawijayaningtyas, Country Manager platform perdagangan kripto Luno Indonesia.

Jay mengatakan untuk berinvestasi sebaiknya menggunakan uang yang bukan buat pengeluaran sehari-hari.


"Kalau mau investasi jangan yang buat kebutuhan, investasi dengan uang dingin khusus untuk investasi," kata Jay dalam diskusi online, Rabu (29/9/2021).

Sebagai informasi, kebijakan China untuk menyerang habis-habisan aset kripto membuat harga pasaran Bitcoin dan Ethereum anjlok. Ini terjadi pada hari Jumat (24/9/2021) kemarin.

Berdasarkan laporan coin metrics, nilai Bitcoin turun lebih dari 6,5% dalam 24 jam. Sedangkan Ethereum merosot 9% mencapai level US$2.867.

Salah satu yang dilarang adalah aktivitas pertukaran kripto luar negeri yang bertransaksi di China. Negara itu juga menyatakan kegiatan penukaran kripto yang menawarkan layanan untuk warganya sebagai aktivitas ilegal.

Sementara itu Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sidharta Utama menyebut untuk berinvestasi, para calon investor harus paham karakteristik kripto.

"Para calon investor harus memahami apa karakteristik kripto," kata Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sidharta Utama dalam program Investime CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Harus dipahami jika harga aset kripto selalu mengalami perubahan. Jadi mereka yang menjadi investor dengan keinginan risiko rendah tidak cocok dengan aset kripto.

Selain itu dia mengatakan masyarakat harus paham antara satu aset kripto dengan lainnya tidak sama. Jadi mereka harus pastikan aset yang dimiliki memiliki tingkat likuiditas yang tinggi.

"Kemudian dari sisi keamanan, karena ini berarti Anda harus pilih yang mana yang aman. Terakhir, jangan pernah percaya janji keuntungan pasti. Itu tidak mungkin," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap Bitcoin Bakal Dibunuh!


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading