Heboh Sekolah Tatap Muka Jadi Klaster Covid, Ini Kata Nadiem

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 September 2021 19:49
Keterangan Pers Menko dan Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, 27 September 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu terakhir sempat ramai diberitakan adanya klaster Covid-19 saat sekolah melalukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan angka yang tersebar merupakan data kumulatif bukan dalam satu bulan.

"Angka 2,8% satuan pendidikan data kumulatif bukan data satu bulan. Masa covid bukan dari bulan terakhir PTM terjadi, 2,8% dilaporkan sekolah itupun belum tentu melaksanakan PTM," kata Nadiem dalam Keterangan Pers PPKM, Senin (28/9/2021).

Selain itu terdapat data-data seperti 15 ribu murid dan 7 ribu guru, yang disebut Nadiem sebagai laporan mentah dan banyak eror. Menurutnya ada sekolah dengan jumlah positif melampaui jumlah murid yang ada di sekolah tersebut.


Dia menekankan untuk tetap berfokus pada laporan yang ada, terutama yang disajikan oleh Kementerian Kesehatan.

"Berfokus pada data yang ada, terutama data dari Kemenkes yang mendapatkan berbagai macam test result dan sampling," ujarnya.

Salah satu yang ramai diberitakan adalah adanya 25 klaster Covid-19 selama PTM terbatas di Jakarta. Namun berdasarkan penelusuran di lapangan, survey yang dilakukan Dirjen PAUD Dikdasmen merupakan survey pada responden sekolah dan bukan hasil surveilans Dinas Kesehatan mengenai kasus positif yang ditemukan.

Dalam kesempatan yang sama, Nadiem juga menyebutkan terdapat dua kolaborasi pihaknya dengan Kementerian Kesehatan. Pertama adalah sekolah mendukung random testing sampling.

Nadie menyebut akan menutup sekolah apabila positivity ratenya mencapai lebih dari 5%. Dengan begitu akan lebih valid dan tidak merugikan.

"Integrasi Peduli Lindungi dan mengimplementasi program di sekolah," ungkapnya.




[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cek 39 Aplikasi Ini Diblokir Kuota Internet Kemendikbudristek


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading