Google Ulang Tahun ke-23 Hari ini, Doodle Beri Kue Spesial

Tech - NBP, CNBC Indonesia
27 September 2021 09:50
FILE PHOTO: Google app is seen on a smartphone in this illustration taken, July 13, 2021. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration//File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Google merayakan hari ulang tahunnya yang ke-23 pada hari ini (27/9/2021). Untuk itu Google Doodle menampilkan animasi sebuah kue tart ulang tahun Google bertuliskan 23.

Tanggal ulang tahun Google sebenarnya beberapa kali berubah-ubah. Google sendiri didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page pada 4 September 1998. Kemudian sempat berubah tanggal uang tahunnya ke tanggal 7 September dan 8 September.

Namun tanggal ulang tahunnya diubah lagi menjadi 27 September pada 2006. Ini bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks mesin pencari itu. Saat ini Google merupakan mesin pencari paling banyak digunakan di dunia.


"Setiap hari, ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia, dan meskipun banyak yang telah berubah sejak awal Google, dari server pertama yang ditempatkan di lemari yang terbuat dari balok mainan hingga servernya sekarang bertempat di lebih dari 20 pusat data secara global, misinya membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang tetap sama," tulis Google dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Indian Express, Senin (27/9/2021).

googleFoto: Google rayakan ulang tahun ke-23 hari ini (doc. Google Doodle)

Nama Google sendiri sebenarnya berasal dari sebuah ketidaksengajaan. Nama awal mesin pencari terpopuler ini adalah "Googol", istilah matematika untuk angka "1" yang diikuti 100 angka nol. Googol dimaksudnya sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Entah bagaimana, para investor salah mengeja nama Googol menjadi Google. Namanya Google pun banyak dituliskan dalam cek dan berbagai dokumen oleh para investor. Hal inilah yang membuat Larry Page dan Sergey Brin akhir menggunakan nama "Google".


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading