Alert! Ponsel Ini Tak Bisa Lagi YouTube-an Mulai Hari Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 September 2021 06:50
INFOGRAFIS, Tips Ampuh Atasi HP Android Lemot

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna smartphone Android segera perbaharui sistem operasi (OS) yang kalian punya sebab mulai hari ini sebagian pengguna sudah tidak bisa sign-in di aplikasi milik Google.

Mulai 27 September 2021, Google tak akan mengizinkan smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 2.3.7 (gingerbread) dan sistem operasi lebih lama sign-in pada aplikasi milik Google.

"Jika kamu mencoba mengkases ke perangkatmu setelah 27 September, ketika kamu menggunakan produk dan jasa Google seperti Gmail, YouTube, dan Maps kemungkinan akan mendapati usernama atau password eror," tulis Zak Pollack, Community Manager dilaman Android Help seperti dikutip Senin (27/9/2021).


Pengguna akan kesulitan untuk masuk ke ponsel karena menemukan password dan username akun Google eror. Pengguna juga tak bisa menggunakan aplikasi YouTube dan Gmail. Namun layanan YouTube dan Gmail masih bisa dibuka melalui web browser ponsel.

"Kami akan bisa mengakses akun milikmu jika menggunakan Android 3.0 atau yang lebih baru. Jika perangkatmu memiliki kemampuan untuk diperbaharui ke Android versi 3.0 atau yang lebih baru, kami menyarankanmu melakukannya segera," terang Zak Pollack.

Melansir dari laman Support, Google menyebut kebijakan baru ini bertujuan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Android lama disebut sangat rentan dan membahayakan akun pengguna.

Sebagai informasi, Android 2.3.7 sudah berusia hampir 10 tahun. Google sepertinya ingin memutus akses perangkat Android lama dalam kebijakan tersebut.

Memutus akses produk dan layanannya pada OS lama bukanlah kebijakan yang pertama kali. Karena sebelumnya, raksasa teknologi itu juga mengumumkan Android 4.3 Jelly Bean atau lebih lama tidak bisa mengakses Google Play.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Minggu Depan, HP Android ini Enggak Bisa Youtube-an Lagi


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading