Cara Tes Kecepatan Internet di RI via Ponsel & Komputer

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 September 2021 17:02
Infografis/10 Kota Di Indonesia Dengan Internet Tercepat/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada beragam aplikasi tes uji kecepatan internet saat ini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat memastikan Wi-Fi dan kecepatan internet siap untuk digunakan.

Penting juga menggunakan tes kecepatan ini agar pelanggan bisa mengetahui uang yang mereka keluarkan untuk koneksi internet tidak terbuang sia-sia.

Namun perlu diingat jika aplikasi tersebut bukan ilmu pasti. Aplikasi tes kecepatan ini merupakan perkiraan dan alat bantu untuk mencari tahu apa yang salah dengan koneksi internet.


Tom's Guide menyarankan melakukan uji tes kecepatan setidaknya tiga kali dengan aplikasi apapun untuk mendapatkan rata-ratanya. Tidak ada salahnya juga menguji menggunakan banyak aplikasi.

Laman tersebut juga memberikan tips sebelum melakukan tes kecepatan. Salah satunya pastikan lingkungan jaringan bersih artinya tidak ada orang lain yang menggunakan internet saat itu.

Tom's Guide juga membagikan enam aplikasi yang bisa digunakan untuk tes kecepatan internet. Berikut daftarnya, dikutip Jumat (24/9/2021):

1. Meteor by OpenSignal

Aplikasi independen ini menawarkan uji kecepatan yang handal dengan antarmuka yang apik. Meteor by OpenSignal tersedia secara gratis dan bisa diunduh untuk perangkat iOS dan Android.

Meteor akan menjelakan secara sederhana seperti apa kecepatan internet Anda. Namun memang tidak memberikan informasi jaringan secara detail. Namun aplikasi juga mencakup soal jangkauan seluler yang kemungkinan dapat berguna saat bepergian.

2. SpeedTest Master

Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android. Terdapat sekumpulan tools di luar hanya tes kecepatan, misalnya menghitung waktu respons ping untuk jaringan PlayStation, Steam, Youtube, Tiktok dan juga jaringan media sosial.

Selain itu juga dapat menguji kekuatan sinyal Wi-fi. Serta akan memberitahu pengguna untuk menempatkan dirinya agar mendapatkan konektivitas yang ideal.

3. Speed Tes WiFi Analyzer by Analiti

Desain utilitarian memberikan pengguna banyak informasi dengan terperinci. Tidak hanya melakukan tes kecepatan standar namun memiliki analisis WiFi bawaan untuk membantu cakupan detail di bagian rumah.

Sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di iOS, namun ada di Google Play dan Amazon Play Store. Aplikasi tersedia secara gratis namun juga bisa berlangganan mulai untuk menghapus iklan hingga akses sejumlah fitur.

4. Speedtest by Ookla

Aplikasi gratis ini merupakan salah satu yang paling populer. SpeedTest by Ookla tersedia untuk iOS, Android, Windows, dan Mac. Meskipun dapat diakses gratis, pengguna iOS dan Android dapat membayar berlangganan untuk menghilangkan iklan. Terdapat riwayat hasil tes pada aplikasi, selain juga menunjukkan hasil peta jaringan seluler yang sehat dan terdapat VPN bawaan.

5. Fast by Netflix

Aplikasi yang tersedia di iOS dan Android disebut Tom's Guide sangat mudah digunakan. Saat masuk ke aplikasi, tes kecepatan unduhan akan langsung dimulai dan tanpa tombol 'go'.

Fast by Netflix tidak memakan banyak space pada ponsel. Terdapat informasi seperti unloaded dan loaded latency, kecepatan unggah dan IP publik pengguna.

6. Network Speed Test by Microsoft

Aplikasi yang tersedia di Microsoft Store ini dapat digunakan untuk menguji kinerja sinyal dan memeriksa cakupan jaringan secara keseluruhan.

Di dalam aplikasi juga tersedia pengujian sebelumnya, jadi pengguna dapat membandingkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dukung Internet 4G & 5G, RI Disarankan Hapus 2G dan 3G


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading