Top! Booster Vaksin Covid-19 J&J Efektif 94% Lawan Covid-19

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 September 2021 20:50
Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson. AP/Mary Altaffer

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pembuat vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat (AS), Johnson & Johnson (J&J), mengatakan booster vaksin efektif 94% dalam melawan Covid-19.

Mengutip CNBC International, Selasa (21/9/2021), vaksin yang semestinya disuntikan satu kali saja itu disebut akan lebih kuat bila diperkuat dengan satu suntikan booster. Booster itu meningkatkan kadar antibodi empat hingga enam kali lipat dibandingkan dengan satu suntikan saja.

"Kami sekarang telah menghasilkan bukti bahwa suntikan booster lebih meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19 dan diharapkan dapat memperpanjang durasi perlindungan secara signifikan," kata Kepala Bagian Sains J&J Dr. Paul Stoffels dalam sebuah pernyataan.

Data ini akan segera dilaporkan kepada Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (AS). Bila disetujui, nantinya J&J akan memberikan suntikan booster itu kepada 14,8 juta warga AS.



Pemerintahan Presiden Joe Biden mengumumkan rencana untuk meluncurkan suntikan booster bagi orang-orang yang menerima vaksin Moderna dan Pfizer.

Meski begitu, suntikan booster ini sempat ditentang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sekretaris Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyebut bahwa vaksin booster hanya membuat kelangkaan vaksin yang menyulitkan beberapa negara yang belum memiliki vaksin yang cukup untuk mempercepat programnya dalam menghadapi pandemi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading