Sempat Disetop April, India Siap Ekspor Vaksin Covid (Lagi)!

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
20 September 2021 20:50
INFOGRAFIS, Jumlah Dosis Vaksin yang Telah Tiba di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - India memutuskan untuk membuka kembali keran ekspor vaksin Covid-19 bulan depan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pasokan vaksin global setelah negara itu mengalami surplus vaksin.

Mengutip AFP, Senin (20/9/2021), Menteri Kesehatan India Mansukh Mandaviya mengatakan, lebih dari 300 juta dosis vaksin akan diproduksi pada Oktober dan satu miliar dosis lainnya akan diproduksi hingga akhir tahun ini.

"India akan melanjutkan ekspor vaksin untuk memenuhi komitmen India terhadap Covax," kata Mandaviya dalam sebuah pernyataan.



"Surplus pasokan vaksin akan digunakan untuk memenuhi komitmen kami terhadap dunia untuk perjuangan kolektif melawan Covid-19."

India sendiri merupakan produsen vaksin Covid-19 terkemuka di dunia. Hal itu membuat Negara Asia Selatan itu menjadi sentra yang penting bagi program WHO, Covax.

Namun, ekspor vaksin sempat diberhentikan pada April lalu. Hal itu terjadi ketika India mengalami 'tsunami' kasus Covid-19 yang begitu parah. Negara itu bahkan sempat mencatatkan angka infeksi di level 400 ribu sehari.

Sementara itu, program vaksinasi di India sendiri telah berjalan sejak Januari lalu. Kecepatan vaksinasi dilaporkan meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Pada Jumat lalu, India berhasil memecahkan rekor vaksinasi dengan menyuntikkan 22 juta dosis dalam sehari.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading