Riset Ini Sebut Tokopedia Masih Terlalu Tangguh Bagi Shopee

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 September 2021 18:25
Desain : Freepik.com

Jakarta, CNBC Indonesia - Tokopedia menguasai pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Ini terungkap dalam laporan Top 100 Retailers in Asia 2021 oleh Euromonitor International yang dirilis pada Mei lalu.

Dalam laporan tersebut, pada tahun 2020 industri ritel menurun sebanyak 6%. Ini bahkan diperparah dengan gelombang dua dan tiga pandemi Covid-19 di sebagian wilayah Asia Tenggara, yang memperlambat pemulihan bisnis domestik.

Namun krisis itu membuka peluang untuk pemain e-commerce bangkit. Ini dapat dilihat dari Tokopedia yang menyalip induk usaha Seven Eleven, Seven & I Holdings Co Ltd, pada tahun sebelumnya berada di peringkat pertama riteler terbaik di Asia Tenggara.


Tercatat pangsa pasar Tokopedia sebesar US$11,68 miliar (Rp 166,3 triliun) naik dari tahun sebelumnya US$7,43 miliar (Rp 105,7 triliun). Sedangkan Seven & I Holding Co Ltd dengan US$11,53 miliar (Rp 164,1 triliun), mengalami penurunan US$12,93 miliar (Rp 184,1 miliar).

Tokopedia juga mengalahkan Sea Ltd, pemilik Shopee yang di saat bersamaan juga mengalami kenaikan. Berada di posisi tiga, perusahaan itu memiliki US$8,73 miliar (Rp 124,3 triliun).

"Tokopedia menyalip Seven & I Holdings ke peringkat pertama tahun 2020 dan Sea Ltd, pemilik Shopee, juga mengalami peningkatan lima peringkat berada ranking ketiga," tulis laporan itu, dikutip Selasa (21/9/2021).

Laporan menyebutkan hasil itu menunjukkan berapa bersemangat dan dinamisnya lanskap industri ritel di wilayah tersebut. Konsumen di Asia Tenggara juga menjadi lebih paham teknologi serta banyak pemain yang hijrah ke omni channel dan e-commerce.

"Dengan konsumen yang lebih mengerti teknologi dan banyak merek dipaksa untuk mengeksplirasi omnichannel, e-commerce dan omni channel diharapkan untuk mempertahankan pengaruhnya untuk industri ritel," jelas laporan dari Euromonitor International.

Selain Tokopedia, di dalam laporan tersebut juga ada e-commerce Indonesia, Bukalapak. Perusahaan tersebut berada di ranking 11. Pangsa pasar Bukalapak mencapai US$3,65 miliar (Rp51,9 triliun) naik dari US$2,43 miliar (Rp 34,6 triliun).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading