Spyware Israel Mengintai, Segera Update iPhone ke iOS 14.8

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 September 2021 18:35
Penjualan perdana jajaran iPhone 11 di Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna iPhone di Indonesia segeralah update sistem operasi ke iOS 14.8. Ini agar smartphone kamu tidak disusupi spyware Pegasus buatan perusahaan Israel.

iOS 14.8 ini tidak membawa fitur baru bagi pengguna iPhone tetapi menambal kerentanan yang selama ini digunakan spyware Pegasus untuk menyusupi perangkat dan memata-matai korbannya.

Spyware Pegasus diketahui sangat invasif menggunakan metode baru untuk menginfeksi perangkat Apple tanpa sepengetahuan korban tanpa klik. Pegasus biasanya digunakan oleh lembaga intelijen.


Dengan menggunakan metode infeksi tanpa klik, Pegasus dapat menyalakan kamera dan mikrofon pengguna, merekam pesan, teks, email, panggilan telepon dan mengirimkannya kembali ke klien NSO Group di pemerintahan di seluruh dunia.

"Spyware ini dapat melakukan semua yang dapat dilakukan pengguna iPhone di perangkat mereka dan banyak lagi," kata John Scott-Railton, peneliti senior di Citizen Lab, seperti dikutip dari New York Times, Rabu (15/9/2021)

Sebelumnya, organisasi non-pemerintah hak asasi manusia Amnesty International mengungkapkan bahwa smartphone iPhone dari Apple dapat ditembus dan data sensitif bisa dicuri oleh Pegasus NSO Group.

Dikutip dari CNBC Internasional, Amnesty International menemukan iPhone milik jurnalis dan pengacara hak asasi manusia yang telah terinfeksi malware Pegasus NSO Group.Amnesty International memperoleh bocoran daftar 50.000 nomor telepon yang mungkin menjadi sasaran perangkat lunak mata-mata yang dibuat oleh NSO Group.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading