Jokowi: Harus ada Mata Kuliah Robotik di Fakultas Kedokteran!

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 September 2021 17:32
Sambutan Presiden RI Jokowi pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, 13 Sept 2021. (Tangkapan Layar Youtube/Biro Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perguruan tinggi negeri (PTN) di tanah air untuk menyiapkan mahasiswa untuk siap belajar berbagai ilmu, termasuk hybrid skill. Secara khusus, Jokowi menyinggung skill yang mesti dimiliki dokter saat ini.

"Dokter misalnya. Tidak usah ke depanlah, sekarang ini harus mengerti mengenai robotik. Karena surgery itu bisa dengan advanced robotic dan jarak jauh. Sudah terjadi, bukan akan, hanya kita aja yang harus segera mengejar ini," ujarnya saat memberikan sambutan pada pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (14/9/2021).

"Artinya apa? Fakultas Kedokteran mau tidak mau harus ada mata pelajaran, mata kuliah tentang robotik. Kalau kita tidak cepat mengubah hal-hal seperti ini, ditinggal kita," lanjutnya.



Jokowi juga mencontohkan sektor pertanian yang sudah bergerak ke arah agritech. Semua itu berbasis teknologi.

"Saya sampai gak hafal, satu baru melihat yang lain sudah keluar, besoknya sudah keluar lagi yang lain-lain," kata Jokowi.

"Dan bapak ibu semuanya sebagai pimpinan sebagai rektor yang paling cepat bisa mengadaptasi perubahan-perubahan seperti ini siapa? perguruan tinggi. Yang cepat membawa negara ini masuk ke transisi, untuk masuk ke gelombang besar perubahan ini, perguruan tinggi," lanjutnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading