Prediksi Menkes: Kasus Covid RI Tahun Depan 1,9 - 3,9 Juta

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 September 2021 14:30
Pasien OTG Covid-19 ikuti senam pagi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. AP/Achmad Ibrahim Foto: Pasien OTG Covid-19 ikuti senam pagi di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. AP/Achmad Ibrahim

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan memprediksi Covid-19 belum akan berakhir tahun depan. Buktinya pemerintah sudah menyiapkan dua skenario infeksi Covid-19 di tahun 2022.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Untuk skenario pertama, diperkirakan akan ada 1,9 juta kasus setahun. Sementara pada skenario kedua diperkirakan 3,9 juta kasus.

"Skenario B terjadi ada lonjakan varian baru mengakibatkan ada lonjakan kasus, kita mengestimasikan ada 3,9 juta kasus, dua juta kasus lebih tinggi dari skenario normal," jelas Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Hingga 12 September 2021, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 4.167.511 kasus di mana 3.918.753 sembuh dan 138.889 meninggal dunia. Dalam sepekan terakhir kasus positif Covid Indonesia cenderung menurun dengan pertambahan rata-rata 5.000 kasus per hari.

Selain itu pemerintah juga menyiapkan skenario pandemi Covid-19 menjadi endemik. Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga sebelumnya mengatakan bahwa Covid-19 kemungkinan akan menjadi endemik.

Endemik adalah penyakit yang selalu ada populasi atau wilayah tertentu. Contoh penyakit endemik adalah malaria yang terjadi di sebagian besar wilayah Afrika dan Amerika Selatan.

Penyakit endemik selalu muncul dalam suatu kelompok atau wilayah geografis. Penyakit ini berkembang dari epidemi, yang tadinya suatu penyakit dan menyebar ke satu hingga beberapa populasi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkes Budi Gunadi Beberkan Fakta Baru Varian Covid-19


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading