Kasus Aktif Covid RI Turun Drastis, Menkes Masih Was-was

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
25 August 2021 12:30
Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 39, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, (19/8/2021). (Dok: Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mengalami lonjakan kasus Covid-19 pada beberapa waktu lalu, kasus di Indonesia sudah mulai menurun. Namun capaian hari ini masih dicoba ditekan untuk bisa di bawah 100 ribu kasus.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini kasus telah menurun ke angka 290 ribu. Turun dari kasus yang sempat mencapai puncak mendekati 570 ribu kasus.

Namun angka yang dicapai saat ini masih belum kembali seperti saat sebelum lebaran lalu. Dia berharap bisa menekan jumlah kasus lagi.


"Yang memang meski kita waspada angka ini belum kembali sebelum lebaran, kami harapkan masih bisa turun terus sehingga mencapai di bawah 100 ribu seperti sebelum saat lebaran," kata Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Dalam kesempatan yang sama dia membandingkan jumlah kasus di sejumlah negara yang juga mengalami kenaikan. Misalnya saja Amerika Serikat (AS) yaitu sempat menyentuh 200 ribu kasus konfirmasi perhari dan sempat 250 ribu kasus perhari.

Di AS, pasien yang masuk ke rumah sakit dan terus naik mencapai 70 persen dari kondisi gelombang sebelumnya. Sedangkan kasus kematian masih rendah namun mengalami tren kenaikan.

Israel yang menjadi salah satu negara dengan laju vaksinasi tercepat juga mengalami kenaikan kasus. "Bahkan Israel mendekati puncak sebelumnya sudah 80%, diikuti orang masuk ke RS dan wafat," kata BGS.

Sementara di Inggris kenaikan kasus cukup tinggi. Namun berbeda dengan dua negara lain, kas perawatan dan kematian di Inggris cukup landai.

"AS dan Israel memberikan vaksin mRNA (Pfizer). Sementara Inggris lebih besar vaksin AstraZeneca. Beberapa riset efikasi terhadap varian Delta terjadi penurunan drastis vaksin berbasis mRNA," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading