Harga Smartphone Bakal Melejit, Siap-siap yang Mau Ganti HP

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
03 August 2021 07:35
A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga smartphone diprediksi akan naik signifikan pada tahun ini. Penyebabnya karena ada kekurangan chip yang terjadi secara global dan membuat produksi menjadi terhambat dan akhirnya harga jadi melejit.

Hal ini disampaikan O'Donnell seorang peneliti dari Forrester. Dia mengatakan selain harga yang tinggi, kekurangan pada model tertentu juga mungkin terjadi pada beberapa model.

"Hasil yang mungkin terjadi di sini adalah harga ponsel yang lebih tinggi dan kekurangan yang lebih dalam untuk model tertentu," ungkapnya dikutip dari CNBC International, Selasa (3/8/2021).


Kesulitan chip ini menurutnya kemungkinan akan terjadi hampir di semua produsen ponsel. Mulai dari Samsung, LG hingga raksasa teknologi China yakni Xiaomi dan Huawei.

"Dalam kasus Apple, Anda mungkin bisa mendapatkan iPhone 12 kelas atas, tetapi tidak iPhone XS kelas bawah. Untuk pembuat smartphone lain seperti Samsung, LG, dan merek China seperti Xiaomi dan Huawei semua akan merasakan kesulitan," jelas O'Donnell.

Masalah ini sebenarnya juga sudah diungkapkan salah satunya oleh CEO Apple Tim Cook. Dia mengisyaratkan masalah pada chip ini akan mengganggu penjualan iPhone dan produk lain perusahaan seperti iPad.

Tim Cook menjelaskan yang menjadi masalah bukan pada prosesor yang dibuat sendiri oleh perusahaan. Namun adalah chip untuk menyalakan layar atau mendekode audio.

"Kekurangannya bukan pada prosesor bertenaga tinggi yang diproduksi Apple untuk perangkatnya, tetapi chip untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan mendekode audio," jelasnya.

HMD, perusahaan yang meluncurkan ponsel Nokia, juga mengungkapkan masalah yang sama. Menurut HMD, kekurangan semikonduktor bisa jadi tantangan bagi pembuat perangkat dengan skala lebih kecil.

"Kami melihat pasti ada keketatan keseluruhan dalam rantai pasokan. Kami mungkin melihat ketidakseimbangan tertentu di pasar," kata CEO HMD, Florian Seiche.

Kekurangan chip disebabkan oleh beberapa hal, seperti permintaan smartphone global yang memulih dan perbaikan permintaan di sektor otomotif.

"Sekarang sektor otomotif dan lainnya mengejar dan mulai merebut kembali kapasitas yang telah mereka tinggalkan, ada persaingan ketat untuk pasokan semikonduktor," jelas analis semikonduktor di Accenture, Syed Alam.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading