Duh! Ponsel Samsung Keok Lawan 'Jagoan Lokal' China Ini

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 October 2021 07:15
Infografis/5 penguasa pasar ponsel di Indonesia kuartal II-2021/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa Korea Selatan, Samsung harus menyerah pada tiga perusahaan asal China pada persaingan pangsa pasar Indonesia. Salah satunya Xiaomi yang bertengger di nomor satu dengan 26% pangsa pasar dari sisi pengiriman (shipment).

Berikutnya ada Vivo dan Oppo dengan masing-masing pangsa pasar 21% dan 20%. Baru kemudian Samsung yang memiliki 13% pangsa pasar.

Laporan dari lembaga Counterpoint, di kuartal II-2021 pengiriman ponsel di dalam negeri meningkat 28% dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan karena penawaran di hari raya Idul Fitri dan juga peluncuran smartphone baru.


Tingginya shipment di kuartal II juga disebabkan basis lebih rendah yang terjadi pada kuartal I-2021.

"Pertumbuhan yang kuat dalam pengiriman smartphone di kuartal II didorong oleh pemulihan awal dalam belanja konsumen, berkat permintaan yang terpendam dan perayaan Idul Fitri, dikombinasikan dengan adopsi smartphone yang lebih cepat," ujar Analis Counterpoint Paula Ruth dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (6/10/2021).

Paula Ruth menambahkan brand smartphone di dalam negeri makin aktif menggunakan kanal online sebagai cara mendukung protokol kesehatan akibat pandemi. Counterpoint mengungkapkan saluran online menyumbang 19% pada kuartal II-2021.

"Kami juga mengamati brand smartphone di Indonesia semakin aktif di kanal online untuk mendukung protokol kesehatan terkait pandemi. Menurut data Counterpoint, saluran online menyumbang sekitar 19% dari pasar smartphone pada kuartal II-2021, lebih tinggi dari tingkat pra-pandemi sebesar 13% pada kuartal I-2020," jelasnya.

Untuk Xiaomi sendiri, Counterpoint menyebutkan ponsel paling laris adalah Redmi 9C, Redmi 9A dan POCO M3. Sementara Vivo adalah Y12S, Y1S, serta Y20s. Oppo adalah Oppo A54, A15, Reno 5 5G.

Analis Senior Glen Cardoza mengatakan keberhasilan Xiaomi adalah akibat popularitas soal produk 'nilai terbaik untuk uang'. Selain itu juga kehadiran kanal online yang kuat hingga manajemen inventaris yang relatif ramping.

Keberhasilan Xiaomi di kuartal ini adalah karena popularitasnya untuk produk 'nilai terbaik untuk uang', kehadiran online yang kuat, manajemen inventaris yang relatif ramping, dan kekurangan komponen global, yang memaksa pesaing seperti Samsung untuk memprioritaskan pasar tertentu," jelasnya.

"Preferensi konsumen di Indonesia telah bergeser lebih ke smartphone yang terjangkau dan pembelian online karena pandemi. Preferensi ini selaras dengan poin kuat Xiaomi. Xiaomi tidak hanya memimpin pengiriman smartphone secara keseluruhan di Indonesia tetapi juga menduduki puncak penjualan online, meraih sekitar 30% pangsa selama kuartal tersebut."


Berikut adalah daftar penguasaan pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal II-2021 berdasarkan laporan Counterpoint:

  1. Xiaomi (pangsa pasar 26%)
  2. Vivo (pangsa pasar 21%)
  3. Oppo (pangsa pasar 20%)
  4. Samsung (pangsa pasar 13%)
  5. Realme (pangsa pasar 11%)
  6. Lainnya (pangsa pasar 9%).


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading