Ini Daftar Ponsel Paling Laris di Indonesia, Punya Kamu?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 October 2021 14:20
Banyaknya ruko yang buka dilantai Dasar Blok B9 menjadi tandanya ramai jual beli para pedagang, ketika menelusuri lebih dalam lagi hanya beberapa pembeli saja yang keluar masuk mall Thamrin City, Jakarta Pusat. Diakuinya, sebagai pedagang grosir pakain dewasa, Andri tidak bisa meraup keuntungan yang besar seperti tahun-tahun sebelumnya. “Keuntungan yang kami peroleh paling cuma 5%. Beda dengan keuntungannya dengan tahun sebelumnya deh,” katanya.

Kelesuan penjual pakain jadi ini juga di alami Iwan (40 tahun). Pemilik Toko Nadira, Blok C3 Lantai 3 Thamrin City ini menyatakan omset tokonya mengalami penurunan yang tajam pada tahun ini.

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga riset Counterpoint mendapuk Xiaomi sebagai penguasa pasar smartphone Indonesia dikuartal II-2021. Ini untuk pertama kalinya Xiaomi menduduki peringkat bergengsi tersebut.

Riset Counterpoint menyebut Xiaomi menguasai 26% pangsa pasar smartphone Indonesia. Kemudian ada Vivo dengan pangsa pasar 21%, Oppo 21%, Samsung 13%, Realme 11% dan lainnya 9%.

Berikut daftar smartphone paling laris di Indonesia pada kuartal II-2021:


1. Xiaomi

  • Redmi 9C
  • Redmi 9A
  • POCO M3

2. Vivo

  • Vivo Y12s
  • Vivo Y1s
  • Vivo Y20s

3. Oppo

  • Oppo A54
  • Oppo A15
  • Oppo Reno 5 5G

"Keberhasilan Xiaomi di kuartal ini adalah karena popularitasnya untuk produk 'nilai terbaik untuk uang', kehadiran online yang kuat, manajemen inventaris yang relatif ramping, dan kekurangan komponen global, yang memaksa pesaing seperti Samsung untuk memprioritaskan pasar tertentu," ujar Analis Senior Glen Cardoza dikutip dari keterangan tertulis Senin (4/10/2021).

"Preferensi konsumen di Indonesia telah bergeser lebih ke smartphone yang terjangkau dan pembelian online karena pandemi. Preferensi ini selaras dengan poin kuat Xiaomi. Xiaomi tidak hanya memimpin pengiriman smartphone secara keseluruhan di Indonesia tetapi juga menduduki puncak penjualan online, meraih sekitar 30% pangsa selama kuartal tersebut."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukti Huawei Kian Tertinggal dari Vivo, Oppo dan Xiaomi


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading