Surat Lamaran Kerja Steve Job Dijual, Laku Rp 4,9 Miliar

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 August 2021 16:40
Steve Jobs (REUTERS/Robert Galbraith)

Jakarta, CNBC Indonesia - Satu benda lagi yang dilelang menggunakan token Non-fungible atau NFT. Kali ini surat lamaran pekerjaan pendiri Apple, Steve Jobs pada 1973.

Surat lamaran satu halaman ini dibuat Steve Jobs tak lama setelah dia keluar dari Reed College dan tiga tahun sebelum mendirikan Apple. Dia dan Steve Wozniak mendirikan perusahaan produsen iPhone itu pada 1973.

Dalam surat itu tidak dicantumkan posisi atau perusahaan tempatnya melamar. Namun, Steve Jobs menuliskan tertarik mengisi posisi teknisi elektronik atau insinyur desain. Keahliannya termasuk pengalaman dalam komputer dan kalkulator, dikurip CNBC Internasional, Senin (2/8/2021).


Bagi yang tertarik menawar surat tersebut dapat dibeli dalam dokumen asli atau versi NFT. Situs lelang mengatakan menjual dua cara itu untuk menemukan yang memiliki nilai lebih.

Selain itu juga pemilik bisa menghasilkan lebih anak uang dari satu dokumen. Pada Kamis (22/7/2021) , versi fisik telah ditawaran senilai US$1.000 dan NFT dengan US$545,93. Pada minggu ini benda ini terjual seharga US$ 343.000 atay hampir Rp 4,94 miliar (asumsi Rp 14.500/US$).

Sebagai informasi, NFT adalah aset yang mendelegasikan kepemilikan barang virtual. Obyek yang dibeli misalnya gambar, tweet, atau video dan biasanya akan dibayar menggunakan ethereum.

Aset tersebut akan dipegang oleh satu orang pada satu waktu. Kepemilikan pada barang tersebut dicatat dalam sebuah buku besar digital yang menjalankan cryptocurrency seperti Bitcoin.

Kolektor menunjukan minat mereka bersedia membayar mahal pada NFT. Misalnya bulan Maret lalu, rumah lelang Christie's menjual karya seni yang disusun oleh seniman digital Beeple senilai US$69 juta.

Namun sensasi koleksi digital ini mulai berkurang, di saat penjualan NFT juga mulai menurun.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading