Jika Bumi Berhenti Berputar, Apa yang akan Terjadi?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 July 2021 15:35
Sungai Nil, Laut Merah dan Laut Mediterania (10/6/2019) (Johnson/Nasa)


Sungai Nil, Laut Merah dan Laut Mediterania dipisahkan oleh berbagai negara bergurun sepreti Mesir, Arab Saudi, Israel dan Yordania seperti terlihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit 254 mil di atas Afrika.

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti yang diketahui Bumi menyelesaikan rotasinya 23 jam 56 menit. Namun apa yang terjadi jika Bumi berhenti berputar?

Menurut sejumlah ilmuwan, skenario ini bisa saja terjadi dalam 18,5 miliar tahun. Namun tidak ada hal baik jika Bumi benar-benar berhenti berputar.

Untuk menggambarkan saat planet ini berhenti berputar pertama harus membayangkan duduk dalam mobil yang sedang melaju hingga 100 mil perjam atau 160,9 km perjam. Lalu mobil ditabrakkan ke kendaraan lain tanpa menggunakan sabuk pengamanan, namun perlu diingat untuk tidak melakukan hal ini.


Kejadian tersebut mungkin pernah terlihat dalam film aksi maupun berita. Mobil bisa menghentikan orang di dalamnya terus bergerak atau lebih tepatnya terbang. Inilah kemungkinan yang akan terjadi saat Bumi berhenti berputar pada porosnya.

Neil deGrasse Tyson, seorang ahli astrofisika AS, memprediksi semua di Bumi akan terbang ke timur dengan kecepatan 1.100 per jam (1.770 km per jam). Namun ini ternyata baru permulaan, sebab ada 'eksperimen pikiran' oleh ahli geologi senior emeritus di Smithsonian's National Air and Space Washington DC bernama James Zimbelman.

Dalam eksperimen itu terlihat akan ada pengaruh pada atmosfer. Di Bumi akan tercipta angin yang kuat serta diikuti oleh tsunami besar, dikutip dari Sputniknews, Selasa (27/7/2021).

Bagian ekuator juga akan terdampak. Jika Bumi berhenti mendadak, maka akan meratakan tonjolan di ekuator dan menyebabkan Samudera serta lautan pergi ke kutub, tempat terkuat dari gravitasi.

Dengan begitu, maka Bumi akan memiliki dua Samudera terkuat. Yakni di bagian utara dan selatan serta benua berukuran besar di bagian tengahnya.

Seperti diketahui, rotasi Bumi terjadi hampir 24 jam dan disebut sebagai satu hari. Namun jika berhenti berputar, maka satu hari penuh akan berlangsung sepanjang tahun.

Siang dan malam juga akan terjadi dalam waktu lama. Matahari akan bisa terlihat di Bumi selama enam bulan dan sisanya adalah waktu malam.

Medan magnet juga akan terdampak karena secara perlahan memudar dan meninggalkan Bumi. Lalu akan tanpa perlindungan pada angin Matahari, sinar kosmik mematikan dan radiasi yang mampu membunuh kehidupan di planet ini.

Diantara deretan berita buruk, ternyata juga ada skenario terbaik jika Bumi berhenti berputar. Yakni para ilmuwan meragukan hal itu bisa terjadi, setidaknya dalam kehidupan saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading