Geger Bola Api Melintas di Langit Texas, Lalu Meledak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 July 2021 17:10
Meteor raksasa lintasi langit Norwegia. (Dok: CCTV Norsk meteornettverk)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bola api melintas di langit Texas dan terangkat kamera NASA pada Minggu malam (25/7/2021) waktu setempat. Bola api ini terekam oleh sejumlah saksi mata di sejumlah wilayah Texas.

Texas Storm Chaser dalam akun Twitternya menuliskan sekitar jam 9 malam, benda asing yang disebut sebagai meteorit itu melintas di Oklahoma dan sebagian besar Texas Utara, dikutip dari Dallas News, Senin (26/7/2021).

Selain itu terdapat sejumlah video yang menampilkan titik terang yang meluncur ke arah Bumi dan terdengar ledakan keras sebelum meledak. Video diambil dari Ring di Cartage Texas.


Laman BBC juga mengunggah penampakan bola api tersebut. Terlihat dari video jika cahaya tersebut bergerak dengan sangat cepat sebelum akhirnya menghilang di tengah langit.

BBC juga melaporkan penampakan itu tertangkap oleh kamera NASA. Diperkirakan jika obyek tersebut memiliki ukuran seperti bola basket.

Banyak spekulasi mengenai obyek tersebut. Namun David Finfrock dari KXAS-TV (NBC5) menyebutkan bola api tersebut bukanlah UFO. Melainkan meteor yang nampaknya meledak di Texas Utara.

Sementara itu di belahan bumi lain, Norwegia kabarnya meteor raksasa juga jatuh pada Minggu waktu setempat. Dilaporkan terdengar suara gemuruh serta cahaya yang berpendar.

Diperkirakan sisa meteor jatuh ke Bumi dan lokasinya tidak jauh dari Oslo, ibukota Norwegia.

Jaringan Meteor Norwegia mencoba menganalisa kejadian itu dari video dan data lain. Berdasarkan laporan awal, meteor diperkirakan menghantam wilayah hutam Finnemarka yang berjarak 60 km arah barat Oslo.

Namun belum ada laporan kerusakan karena peristiwa Minggu dini hari tadi. Hingga saat ini juga belum ada laporan korban jatuh dari dugaan meteor jatuh tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading