Peneliti Temukan Rahasia Besar Cara Bulan & Planet Terbentuk

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 July 2021 14:05
The planet Jupiter is shown with one of its moons, Ganymede (bottom), in this NASA handout taken April 9, 2007 and obtained by Reuters March 12, 2015. REUTERS/NASA/ESA and E. Karkoschka/Handout via Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian baru kemungkinan bisa membantu mengungkap cara terbentuknya planet dan bulan. Studi itu berhasil mengidentifikasi cincin gas dan debu yang mengelilingi sebuah planet di luar sistem tata surya kita.

Material tersebut mengelilingi sebuah exoplanet bernama PDS 70c. Planet itu merupakan salah satu dari dua gas raksasa dengan ukuran dan massa yang sama dengan Jupiter.

PDS 70c mengorbit pada bintang PDS 70, yang berjarak 400 tahun cahaya dari tata surya kita. Exoplanet tersebut ditemukan menggunakan Very Large Telescope pada 2019 oleh tim astronomi dari European Southern Observatory.


Pengamatan itu dikombinasikan dengan gambar beresolusi tinggi dari teleskop Alma di Chili. Dengan begitu para peneliti bisa menyimpulkan material pada cakram PDS 70c mengandung materi yang memungkinkan Bulan terbentuk. dikutip AFP, Jumat (23/7/2021).

Sebenarnya pada 2006, peneliti telah mengetahui bintang PDS 70 dikelilingi material cincin besar. Sayangnya saat itu penelitian memiliki keterbatasan peralatan pengamatan jadi tim peneliti hanya bisa menebang keberadaan planet antara bintang dengan cincin.

Sementara itu penelitian kali ini mendapatkan gambaran lebih jelas soal cakram. Bahkan peneliti bisa mendapatkan ukurannya.

"Pengamatan ALMA yang kami peroleh pada resolusi yang indah sehingga kami bisa dengan jelas mengidentifikasi cakram itu terkait dengan planet ini, dan kami bisa membatasi ukurannya," kata penulis utama, Myriam Benisty.

Sementara itu, planet lainnya PDS 70b ditemukan oleh Miriam Keppler, peneliti di lembaga Max Planck dan rekan peneliti pada tahun 2018. Dia mengungkapkan jika PDS 70b dan PDX 70c mengingatkan pada Jupiter-Saturnus

"PDS 70b dan PDS 70c, yang membentuk sistem mengingatkan pada pasangan Jupiter-Saturnus, merupakan dua exoplanet yang terdeteksi sejauh ini masih dalam proses pembentukan," ungkapnya.

Material yang ada di sekitar PDS 70c cukup untuk membentuk tiga kali Bulan yang mengelilingi Bumi. Sementara Jupiter yang berusia lebih tua membentuk empat Bulan dan lusinan satelit kecil.




[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading