Wah! Asteroid Raksasa Sebesar Stadion Dekati Bumi 24 Juli

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 July 2021 13:30
Tentang dua asteroid yang mendekati Bumi (NASA). (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada 24 Juli mendatang, sebuah asteroid sebesar stadion diperkirakan akan melintasi Bumi. Asteroid bernama 2008Go20 saat ini sedang menuju Bumi dengan kecepatan tinggi.

Dilaporkan asteroid melaju dengan kecepatan 8 kilometer detik atau 28.800 km/jam. Dengan kecepatan itu, apapun yang menghalangi 2008Go20 bisa mengalami bencana ekstrim, dikutip dari India Today, Rabu (21/7/2021).

Obyek dekat Bumi atau NEO ini memiliki lebar 20 meter dan akan diperbesar pada jarak 28.7.847.607 km, atau delapan kali jarak antara Bumi dan Bulan.


NASA memantau obyek ini, sebab memiliki orbit yang dekat dengan planet dan disebut sebagai Apollo yang memegang asteroid berbahaya.

Pada Juni lalu, asteroid bernama 2021KT1 berukuran menara Eiffel juga mendekat ke planet ini. Asteroid tersebut diklasifikasikan sebagai potensi berbahaya.

Asteroid 2021KT1 ini memiliki jarak 4,5 juta km dengan Bumi. Sebagai informasi, obyek apapun dengan jarak kurang dari 4,6 juta km adalah obyek dengan potensi berbahaya.

Sebagai informasi, NASA Join Propulsion Laboratory atau JPL, asteroid diklasifikasikan sebagai obyek dekat dengan Bumi apabila jaraknya kurang dari 1,3 kali jarak Bumi-Matahari . Kedua obyek itu memiliki jarak sekitar 93 juta mil.

Orbit lintasan para asteroid ini kerap berubah. Hal ini terkadang disebabkan adanya tarikan gravitasi dari planet.

NASA sendiri melacak 26 ribu asteroid dekat dengan Bumi. Lebih dari 1000 diantaranya memiliki potensi berbahaya.

Lembaga antariksa itu melakukan pelacakan pergerakan asteroid di sekitar Matahari, ini untuk menetapkan lokasi, menghitung jalur elips yang sesuai dengan pengamatan obyek.

Namun ternyata China menemukan cara mengubah jalur asteroid. Para peneliti dan Pusat Sains Antariksa Nasional Cina dalam simulasi roket 23 Long March 5 yang menghantam secara bersamaan dapat mengubah jalur dengan jarak 1,4 kali radius Bumi.

Perhitungan ini berdasarkan asteroid bernama Bennu. Asteroid ini diketahui memiliki tinggi Empire State Building New York dan mengorbit pada Matahari.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading