Bisnis Tak Lazim Orang Terkaya Dunia: Wisata ke Luar Angkasa

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 July 2021 09:45
The passengers of the Blue Origin enter the capsule near Van Horn, Texas, Tuesday, July 20, 2021. The rocket is scheduled to launch later this morning will carry passengers Jeff Bezos, founder of Amazon and space tourism company Blue Origin, brother Mark Bezos, Oliver Daemen and Wally Funk.  (Blue Origin via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua orang terkaya dunia, Jeff Bezos dan Richard Bezos memutuskan mencoba bisnis baru. Yakni membuka layanan perjalanan ke luar angkasa.

Jeff Bezos misalnya melalui perusahaan antariksa miliknya, Blue Origin mengklaim telah menjual tiket senilai hampir US$100 juta (Rp1,4 triliun) untuk penerbangan penumpang di masa depan.

"Permintaannya sangat sangat tinggi," kata Jeff Bezos saat presentasi setelah penerbangan awak pertama Origin, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (21/7/2021).


Blue Origin hingga sekarang memang belum mengungkapkan harga kursi pesawat New Shepard. Satu-satunya harga yang telah digunakan adalah lelang publik untuk pergi dalam penerbangan awak pertama dengan Bezos Selasa kemarin senilai US$28 juta (Rp407,4 miliar).

Jeff Bezos juga menyebutkan rencana Blue Origin akan lepas landas lagi ke antariksa sebanyak dua kali dalam tahun ini. Namun dia menyatakan 'belum yakin' berapa banyak awak yang akan dibawa New Shepard pada tahun 2022 mendatang.

"Kami akan mencari tahu tentang itu," kata Jeff Bezos, menambahkan perusahaan juga ingin pergi ke tingkat yang 'sangat tinggi' di masa depan.

Sementara itu Virgin Galactics, perusahaan milik Richard Branson juga menawarkan layanan perjalanan ke antariksa. Untuk harga satu tiket dibanderol US$250 ribu atau Rp 3,6 miliar.

Dilaporkan laman The Verge telah ada 600 calon penumpang pesawat dari Virgin Galactic sejauh ini. Beberapa nama terkenal dikabarkan juga memesan kursi pesawat itu seperti Justin Bieber, Leonardo DiCaprio, serta pendiri SpaceX Elon Musk.

Adanya nama Elon Musk menjadi calon penumpang Virgin Galactic menjadi pertanda dukungan CEO Tesla untuk pesawat bertenaga roket dari perusahaan itu. Selain juga jadi tanda persahabatan diantara Elon Musk dengan Richard Branson.

Elon Musk juga diketahui menyaksikan langsung penerbangan SpaceShipTwo pada hari Minggu (11/7/2021) lalu.

Sebagai informasi, pertarungan dua miliarder Jeff Bezos dan Richard Branson bukan hanya dari bisnis perjalanan ke antariksa. Namun juga untuk mencicipi perjalanan itu sendiri.

Richard Branson diketahui pergi bersama tiga orang karyawannya saat itu. Berselang sembilan hari kemudian Jeff Bezos juga pergi dengan tiga orang lain pada Selasa (20/7/2021).

Jeff Bezos lepas landas dari fasilitas Launch Site One milik Blue Origin. Jeff Bezos berada di tepi luar angkasa selama 11 menit.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading