Kominfo: XL Axita Uji Layanan 5G di Depok Awal Bulan Depan

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 July 2021 19:21
Gambar Cover, 5G

Jakarta, CNBC Indonesia - XL Axiata kemungkinan akan segera menyusul Telkomsel dan Indosat untuk menggelar 5G. Kementerian Kominfo menyebutkan XL akan menggelar Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada bulan depan di Depok.

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi mengatakan XL akan melakukan ULO di frekuensi 1.800 Mhz. Rencananya akan dilakukan pada tanggal 3-6 Agustus 2021 mendatang.

"Uji Laik Operasi (ULO) untuk perangkat 5G frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata akan dilakukan pada 3-6 Agustus 2021, setelah sebelumnya dijadwalkan pada 2-4 Agustus," kata Dedy kepada CNBC Indonesia, Senin (26/7/2021).


Dia mengatakan penyesuaian ULO ini karena adanya perpanjangan PPKM Level 4. Sebagai informasi, pemerintah akhirnya memperpanjang kebijakan PPKM Level 4 hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

"Adapun penyesuaian ini dilakukan seiring dengan perpanjangan PPKM Level 4 di kawasan Jabodetabek. Pengujian akan tetap dilaksanakan di Kota Depok sesuai dengan rencana awal," jelasnya.

CNBC Indonesia juga telah mencoba menghubungi pihak XL Axiata terkait ULO tersebut. Namun hingga saat ini belum ada jawaban dari perusahaan tersebut.

Tahapan ULO setelah sukses dan berhasil, maka pihak Kementerian akan mengeluarkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang jadi syarat layanan 5G bisa digunakan untuk publik.

Sejauh ini baru Telkomsel dan Indosat yang sudah melalui ULO dan mendapatkan SKLO. Telkomsel menggelar 5G di frekuensi 2300 Mhz dan Indosat pada 1800 Mhz.

Untuk Telkomsel, 5G baru tersedia untuk Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar dan Bandung. Selain itu Jabodetabek juga telah mendapatkan jaringan 5G namun hanya berada di wilayah Alam Sutera, BSD, Kelapa Gading, PIK, Pondok Indah dan Widya Chandra.

Sementara Indosat menggelarnya di Jakarta, Solo, Surabaya dan Makassar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading