Pendiri Sebut Wikipedia Tak Bisa Dipercaya Lagi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 July 2021 15:40
FILE  - In this Wednesday, Jan. 18, 2012 file photo, a blackout landing page is displayed on a laptop computer screen inside the

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah seorang pendiri Wikipedia, Larry Sanger mengungkapkan pandangannya soal laman itu. Bukan hal positif yang ada dalam pemikirannya, namun menurut Sanger Wikipedia bukanlah laman yang bisa dipercaya.

Dia masih mempertahankan visi asli Wikipedia sebagai proyek 'sumber terbuka' yang bisa diakses. Namun laman itu memberikan sudut pandang mapan yang handal hampir pada semua hal.

"Bisakah kamu mempercayainya untuk selalu memberimu kebenaran? Yah itu bergantung pada apa yang Anda pikirkan mengenai kebenarannya," kata Sanger dikutip dari Futurism, Kamis (22/7/2021).


Salah satu yang dicontohkannya adalah laman Wikipedia untuk Presiden AS Joe Biden. Menurutnya hanya sedikit kekhawatiran dari Partai Republik mengenai dia.

"Jadi jika ingin memiliki sesuatu yang mirip dengan sudut pandang Partai Republik mengenai Biden, tidak akan mendapatkannya dari artikel itu," ungkapnya.

Menurutnya, dalam laman itu harusnya ada satu paragraf mengenai skandal Biden di Ukraina saat pemilu AS 2020.

Sebenarnya ada dua paragraf mengenai kontroversi Ukraina dan implikasi politik dalam laman itu. Namun Futurism mencatat diedit pada 18 Juli atau empat hari setelah wawancara Sanger.

Tetapi satu-satunya perubahan adalah kalimat klasifikasi yang mengatakan tidak ada bukti kesalahan dari pihak Biden.

Dia juga menyinggung soal laman Wikipedia yang dapat diedit oleh penggunanya. Dengan begitu dapat memberikan arah pemikiran yang diinginkan.

Sanger menyebutkan Wikipedia dibangun di atas tingkat kepercayaan tertentu. Namun Orang kaya dan berkuasa diberikan insentif untuk mencoba mengubah laman mereka agar bisa memberikan gambaran lebih cerah.

Dia juga menambahkan perusahaan pemasaran yang bertugas menulis atau mengedit artikel tertentu. Dengan tujuan mengontrol persepsi publik mengenai klien perusahaan.

Praktik ini dikatakan Sanger, merupakan permainan yang jahat agar ada artikel yang mengatakan sesuai dengan keinginan orang.

"Jadi ada permainan yang sangat besar, jahat, kompleks yang dimainkan di belakang layar untuk membuat artikel mengatakan apa yang diinginkan seseorang untuk mereka katakan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading