Biang Kerok Baterai HP Cepat Habis & Cara Perbaikinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 July 2021 14:08
Neighbors watch Taiwanese Chen San-yuan, 70, known as

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone kini menjadi kebutuhan utama manusia modern. Namun salah satu masalah penggunaannya adalah baterai yang cepat habis atau boros meski ponsel memiliki kapasitas baterai besar.

Masalah baterai ponsel cepat habis atau boros sebenarnya beragam. Mulai dari besar layar, aplikasi yang digunakan hingga usia ponsel. Berikut penyebab baterai smartphone cepat habis dai cara memperbaikinya, seperti dikutip dari laman Android Authority, Rabu (21/7/2021):

Layar


Memiliki ponsel berukuran layar besar ternyata membuat smartphone mengkonsumsi daya yang besar. Untuk memeriksa penggunaan baterai bisa dilakukan dengan masuk ke pengaturan ponsel, lalu pilih baterai dan klik Battery Usage dan pilih Show full device usage.

Berikut cara untuk mengurangi penggunaan baterai pada layar ponsel:

  • Kurangi kecerahan layar: layar yang redup akan membantu menghemat daya baterai.
  • Gunakan kecerahan adaptif: pengguna akan mendapatkan kecerahan layar sesuai kebutuhan. Di saat bersamaan juga dapat menghemat baterai saat kecerahan tidak diperlukan.
  • Kurangi screen refresh rate: sejumlah perangkat mendukung layar dengan refresh rate yang tinggi dan terkadang hal ini bisa diatur dalam settings.
  • Kurangi waktu auto-lock: dengan memperkecil waktunya, layar tidak dalam keadaan menunggu untuk digunakan.
  • Tidak gunakan wallpaper animasi: mungkin ini terlihat bagus, tapi artinya ponsel memutar video setiap saat dan tentunya mengurasi baterai.
  • Gunakan wallpaper hitam: jika layar ponsel berjenis Amoled, wallpaper hitam adalah yang paling hemat daya. Ini karena tidak harus mengaktifkan piksel.
  • Gunakan layar lebih kecil: beberapa ponsel seperti Samsung Galazy Z Fold 2 dan Motorola Razr 5G memiliki layar luar yang lebih kecil. Gunakan layar tersebut lebih sering daripada yang berukuran besar saat tidak perlu menggunakan untuk tampilan yang luas.

A man use his smartphone, in this picture illustration taken February 14, 2018. Picture taken February 14, 2018. REUTERS/Beawiharta/IllustrationFoto: Ilustasi penggunaan smartphone REUTERS/Beawiharta/Illustration

Layanan Seluler

Area dengan layanan seluler yang buruk menguras baterai. Ponsel akan terus menerus berkomunikasi dengan tower terdekat agar tetap tersambung setiap saat.

Berikut cara menghemat baterai terkait layar seluler:

  • Ganti operator: Pilih operator seluler dengan jangkauan luas dan jaringan mumpuni.
  • Airplane mode: fitur ini dapat memaksa ponsel untuk setop mencari jaringan. Kamu bisa melakukannya saat berada di wilayah dengan layanan buruk.
  • Penguat sinyal: booster ini memang mahal namun mungkin bisa jadi solusi. Produk tersebut memiliki antena luar untuk menerima layanan dan sinyalakan terbagi dalam rumah dengan antena internal.

Aplikasi

Beberapa aplikasi memang menguras baterai ponsel dengan cepat. Misalnya Youtube, Netflix dan sejumlah layanan streaming lain. Adapula aplikasi yang menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif termasuk Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp.

Berikut cara memperbaikinya:

  • Hapus aplikasi tak perlu: terkadang kita hanya menggunakan sedikit aplikasi saja pada ponsel. Sementara aplikasi selalu aktif di latar belakang dan menguras baterai.
  • Hentikan aplikasi yang bekerja di background (latar belakang): caranya dengan membuka pengaturan lalu apps & notifications. Pilih Select the app masuk ke Advanced, lanjutkan ke Battery. Terakhir ke Background restriction dan masuk menuju Restrict.
  • Tutup aplikasi: Sebaiknya tutup atau matikan aplikasi bila tak digunakan, caranya dengan buka Settings lalu ke Apps & notifications. Terakhir pilih Select the app dan tekan Force stop.
  • Gunakan ponsel dengan bijak: terkadang kita mengatakan ingin masa pakai baterai lebih lama. Namun di sisi lain masih menggunakannya untuk bermain game, menonton film, bahkan menghabiskan waktu berjam-jam di jejaring sosial.

Usia ponsel

Baterai smartphone mulai kehilangan kinerjanya seiring berjalannya waktu dan juga panas yang konstan. Usia jadi alasan utama masa pakai baterai semakin pendek.

Ini cara memperbaikinya:

  • Beli ponsel baru: tidak ada yang dapat dilakukan lagi kecuali membeli perangkat baru.
  • Mengganti baterai: jika menggunakan baterai yang dapat dilepas, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Bila baterai ponsel tipe yang tidak bisa dilepas, dapat menggantinya dengan membuka ponsel namun memerlukan sejumlah pengetahuan teknis dan ada resiko dibalik semuanya.

Masalah Lainnya:

  • GPS, Wifi dan Bluetooth: Matikan saat layanan ini jika tidak diperlukan dan ini bisa membantu masa pakai baterai.
  • Kamera: mengambil foto dan video bisa membutuhkan banyak energi. Hindari menggunakannya lebih sering.
  • Suhu dingin: suhu yang dingin bisa berdampak pada daya baterai. Roger Gurney, pemilik Arctic Tech Solution mengatakan baterai lithium-ion berhenti mengeluarkan listrik saat cuaca sangat dingin. Solusi terbaik tetap jaga ponsel dekat dengan kamu agar suhu tubuh membuatnya tetap hangat.
  • Update software: pembaruan software biasanya akan memasukkan peningkatan masa pakai baterai. Sebaiknya perbarui ponsel ke software terbaru segera.
  • Pengisi daya portabel: Menghindari penggunaan pengisian daya portabel dapat membuat daya tahan baterai lebih lama tanpa harus sering di charge.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading