Baterai HP Cepat Habis, Ini Biang Kerok & Cara Perbaikinya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 September 2021 18:30
Infografis: Ponsel Cepat Low Batt? 10 Aplikasi ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Smartphone menjadi salah satu kebutuhan manusia modern. Namun sering kali ditemukan baterai ponsel panas dan cepat habis. Apa penyebabnya?

Sejatinya masalah baterai ponsel cepat habis atau boros sebenarnya beragam. Mulai dari besar layar, aplikasi yang digunakan hingga usia ponsel.

Berikut penyebab baterai smartphone cepat habis dai cara memperbaikinya, seperti dikutip dari laman Android Authority, Jumat (17/9/2021):


Layar

Ternyata ponsel layar besar mengkonsumsi daya besar. Untuk memeriksa penggunaan baterai bisa dilakukan dengan masuk ke pengaturan (setting) ponsel, lalu pilih baterai dan klik Battery Usage dan pilih Show full device usage.

Berikut cara untuk mengurangi penggunaan baterai pada layar ponsel:

  • Kurangi kecerahan layar (brightness): layar yang redup akan membantumenghemat daya baterai.
  • Gunakan kecerahan adaptif (adjust brightness): pengguna akan mendapatkan kecerahan layar sesuai kebutuhan. Di saat bersamaan juga dapat menghemat baterai saat kecerahan tidak diperlukan.
  • Kurangi screen refresh rate: sejumlah perangkat mendukung layar dengan refresh rate yang tinggi dan terkadang hal ini bisa diatur dalam settings.
  • Kurangi waktu auto-lock: dengan memperkecil waktunya, layar tidak dalam keadaan menunggu untuk digunakan.
  • Tidak gunakan wallpaper animasi: mungkin ini terlihat bagus, tapi artinya ponsel memutar video setiap saat dan tentunya mengurasi baterai.
  • Gunakan wallpaper berwarna hitam: jika layar ponsel berjenis AMOLED, wallpaper hitam adalah yang paling hemat daya. Ini karena tidak harus mengaktifkan piksel.
  • Gunakan layar lebih kecil: beberapa ponsel seperti Samsung Galazy Z Fold 2 dan Motorola Razr 5G memiliki layar luar yang lebih kecil. Gunakan layar tersebut lebih sering daripada yang berukuran besar saat tidak perlu menggunakan untuk tampilan yang luas.

Layanan Seluler

Area dengan layanan seluler yang buruk menguras baterai. Ponsel akan terus menerus berkomunikasi dengan tower terdekat agar tetap tersambung setiap saat.

Berikut cara menghemat baterai terkait layar seluler:

  • Ganti operator: Pilih operator seluler dengan jangkauan luas dan jaringan mumpuni.
  • Airplane mode: fitur ini dapat memaksa ponsel untuk setop mencari jaringan. Kamu bisa melakukannya saat berada di wilayah dengan layanan buruk.
  • Penguat sinyal (signal booster): booster ini memang mahal namun mungkin bisa jadi solusi. Produk tersebut memiliki antena luar untuk menerima layanan dan signal┬áterbagi dalam rumah dengan antena internal.

Aplikasi dan Usia Ponsel
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading