Orang Kaya RI ke AS, Vaksin Pfizer Bayar Rp 29 Juta

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 July 2021 11:30
A staff member with the Southeast Louisiana Veterans Health Care System receives a shot with the first batch of Pfizer Inc.'s coronavirus vaccine in New Orleans, Monday, Dec. 14, 2020. (Max Becherer/The Advocate via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah masyarakat Indonesia berbondong-bondong pergi ke AS. Tujuannya dari anak wisuda hingga jalan-jalan, namun juga mengincar vaksinasi menggunakan jenis vaksin seperti Pfizer dan Johnson&Johnson.

Hal itu ternyata juga diatur oleh agen perjalanan di Indonesia. Harga paket perjalanan disesuaikan dengan jenis vaksin yang didapatkan dan lama menetap di AS.

Salah satu agen perjalanan yang membuka paket itu adalah ATS Vacation dari Jakarta. Perusahan itu menawarkan paket wisata tujuan sejumlah kota di AS dan juga vaksinasi.


Terdapat dua paket perjalanan yang menuju Los Angeles. Namun menurut Marketing Executive ATC Vacation, Josephine Nathania Lienardi juga ada tujuan ke New York dan mendapatkan akses vaksinasi.

Dia menambahkan jika vaksin yang didapatkan adalah gratis dari pemerintah AS. Jadi biro perjalanan tidak memungut biaya pemesanan vaksin.

"Perlu di-noted bahwa vaksin ini sendiri gratis dari pemerintah AS, jadi membantu reservasi vaksin secara gratis, harga paket tersebut untuk tiket PP, hotel, dan juga kendaraan dari-menuju airport dan juga pengantaran ke sentra vaksin," jelasnya kepada CNBC Indonesia.

Berikut beberapa paket wisata yang ditawarkan:

Paket Johnson&Johnson Rp14 Juta

Disebutkan dalam akun Instagram @atsvacations.id, paket perjalanan termurah salah satunya penerbangan ke Los Angeles. Paket itu selama enam hari tiga malam plus vaksinasi menggunakan Johnson&Johnson dengan harga Rp14 juta. Sebagai informasi vaksin J&J hanya melakukan suntikan satu kali saja.

Biaya tersebut terdiri dari akomodasi hotel tiga malam, transportasi mobil pribadi, tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi, dan tes PCR di sana. Periode penerbangan untuk paket ini adalah hingga Desember 2021 mendatang.

Namun harga tersebut belum termasuk sejumlah hal, dari visa Amerika, tes PCR di Jakarta, biaya makan dan minum, tipping, serta asuransi perjalanan.

Telah ada agenda yang disiapkan dalam paket ini. Hari pertama setelah mendarat di LA akan langsung menuju ke hotel, hari kedua mendapatkan vaksinasi dan keesokan harinya melakukan PCR sebagai syarat kembali ke tanah air. Pada hari keempat transfer di bandara dan hari kelima merupakan perjalanan pulang di pesawat, serta tiba lagi di Jakarta pada hari keenam.

Paket Pfizer/Moderna Rp29 Juta

Dibandingkan dengan paket J&J, paket perjalanan ini memang jauh lebih mahal dan menawarkan suntikan vaksin Pfizer/Moderna dengan dua suntikan. Tujuan tetap di Los Angeles namun dengan waktu yang lebih lama yakni 27 hari 24 malam.

Periode berangkat pun jauh lebih cepat yakni dari Juli hingga November mendatang. Jika membeli paket ini, maka akan mendapatkan tiket pulang-pergi kelas ekonomi, airport tax, PPN 1%, mobil pribadi untuk agenda acara, akomodasi hotel di sana serta biaya PCR saat berada di Los Angeles.

Namun perlu diingat biaya tidak termasuk untuk makan dan minum selama di AS, tes PCR di Jakarta, pengeluaran pribadi, biaya tur tambahan, tipping dan visa Amerika.

Lalu apa saja yang dilakukan? Saat tiba akan langsung menuju ke hotel. Keesokan harinya langsung melakukan suntikan vaksin dan dosis kedua dilakukan pada hari ke-23 dan 24 serta dilanjutkan tes PCR untuk syarat pulang.

Pada hari ketiga hingga 22, tidak ada acara khusus. Serta tiba di Indonesia dijadwalkan pada hari-27.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading