Vaksinasi Covid-19

Kang Emil Soal Vaksinasi Berbayar: Vaksin Harusnya Gratis!

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 July 2021 17:32
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Stasiun Bogor pantau Vaksinasi pengguna KRL, Kamis (17/6/2021). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat bicara perihal perluasan program Vaksinasi Gotong Royong (VGR). Pemerintah pusat melalui penerbitan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 memperluas program VGR dari hanya badan usaha/badan hukum menjadi individu/perorangan.

Dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7/2021), Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengungkapkan, pada dasarnya, Pemprov Jabar mendukung percepatan vaksinasi Covid-19.

"Kalau mau gratis ikut antrean di program-program pemerintah. Kalau tidak mau antre, tidak mau ya bisa membayar mungkin di tempat-tempat yang menyediakan. Seperti dulu PCR gratis ya harus ikut antrean, kalau nggak ya atur sendiri," ujarnya.



"Nah jadi saya kira proses-proses mereka yang tidak ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah ingin punya jadwal sendiri saya kita bisa menyesuaikan dan kalau proses penyesuaian itu harus membayar menurut saya itu konsekuensi," lanjutnya.

Kendati demikian, Kang Emil, mengingatkan kalau vaksin seyogianya tidak berbayar.

"Pada dasarnya vaksin itu harusnya 100% gratis ya tapi dikelola oleh negara sehingga tidak dimanfaatkan oleh mereka-mereka dengan cara yang kurang bertanggung jawab. Saya kira itu. Vaksinnya gratis tapi kalau dia ingin mendapatkan layanan yang jadwalnya sesuai keinginan tentunya ada konsekuensi membayar pelayanan itu, bukan vaksinya. Kira-kira begitu," katanya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading