Alert! Kang Emil: Corona Varian Delta 3-10 Kali Lebih Menular

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
30 June 2021 16:02
Infografis, Daftar UMK 2020 se-Jawa barat

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan virus corona varian delta telah ditemukan di sejumlah kabupaten/kota Jawa Barat. Hal itu dipaparkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam media briefing virtual, Rabu (30/6/2021).

"Varian delta sudah banyak masuk di Jawa Barat. Jadi kita harus berhati-hati karena daya tularnya 3-10 kali lipat. Oleh karena itu, media tolong bantu, dengan keganasan varian delta ini tingkat penularannya itu sangat tinggi ya," ujarnya.

Kang Emil mengungkapkan, fatality rate atau tingkat kematian pasien Covid-19 di Jabar tergolong rendah, yaitu di level 1,37%. Sementara itu rata-rata nasional mencapai 2,6%.

"Jadi varian delta itu sama, ini kesimpulan saya ya, yaitu menularnya cepat, tetapi mematikannya ternyata kalau dilawan oleh prokes yang ketat insya allah tidak akan tertular," katanya.

Kang Emil juga menyebut pasien Covid-19 yang tertular virus corona varian delta kebanyakan berusia muda. Ia mengambil sampel dari kunjungannya ke RS Santo Borromeus Kota Bandung beberapa waktu lalu.



"Tapi semuanya cepet sembuh juga. Ini menandakan karena anak muda imunitasnya kuat, sembuhnya cepat. Tapi karena varian delta itu penyebarannya cepat ya mereka mendapaki si usia muda," ujar Kang Emil.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Pemprov Jabar sudah melakukan whole genome sequencing (WGS) dan menemukan virus corona varian delta ditemukan di sembilan kabupaten/kota. Perinciannya adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Depok, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.

"Jadi Bandung Raya ini varian delta sudah sangat harus kita waspadai. Karena mulai dari Kota Bandung dikelilingi Kabupaten Bandung, KBB, Kabupaten Sumedang, itu sudah terdampak oleh varian delta," kata Kang Emil.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading