Good News! RI Sudah Amankan 122 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 July 2021 14:40
Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 20, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, 11 Juli 2021 (Tangkapan Layar Youtube Biro Setpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - StokĀ vaksin Covid-19 milik pemerintah terus bertambah. Terbaru, sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Moderna bantuan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021).

"Dengan adanya kedatangan vaksin dari Amerika Serikat, pasokan vaksin RI bertambah menjadi lebih dari 100 juta dosis," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers.

Dia mengatakan, pemerintah berusaha keras untuk mendatangkan vaksin Covid-19 dari berbagai negara guna memenuhi kebutuhan program vaksinasi nasional. Harapannya pandemi Covid-19 dapat segera teratasi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah sudah mengamankan paling tidak 122 juta dosis vaksin Covid-19, baik vaksin curah maupun dalam bentuk jadi. Perinciannya, Sinovac 108 juta dosis (sebagian besar vaksin curah), AstraZeneca dari jalur Covax Facility 8,2 juta sebagian besar vaksin curah), Sinopharm 2 juta vaksin dosis jadi (di mana 500 ribu dari Uni Emirat Arab).



Kemudian AstraZeneca dose sharing dari Jepang 998 ribu dosis, hingga hari ini Moderna dengan dose sharing dari Covax Fasility sebanyak 3 juta dosis.

"Indonesia juga sudah mendapat dukungan dari negara lain seperti Jepang, akan mengirimkan tahap kedua vaksin AstraZeneca, kemudian tawaran dari Belanda, Inggris, Australia, juga Uni Emirat Arab (untuk dose sharing tahap kedua)," jelasnya.

Retno mengatakan, jutaan vaksin dari komersial maupun dukungan internasional akan tiba pada bulan Juli ini. Pemerintah akan memastikan ketersediaan vaksin bagi Indonesia.

Selain itu, menurut dia, Indonesia juga sudah mendapat dukungan alat kesehatan ventilator, oxygen concentrator, obat-obatan, dan peralatan medis lainnya. Retno mengatakan dukungan sudah datang dari Singapura dan Australia.

"Hari ini dukungan dari Singapura jalur laut sudah berangkat, akan tiba di Tanjung Priok di 14 Juli, yang isinya oxygen concentrator dan oxygen cylinders," jelasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading