Awas Hacker! Microsoft Imbau Pengguna Segera Update Windows

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 July 2021 18:05
FILE PHOTO: The Microsoft logo is pictured at a service centre in New Delhi, India, April 5, 2018. Picture taken April 5, 2018. REUTERS/Saumya Khandelwal

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft memperingatkan pengguna soal temuan kerentanan keamanan pada sistem operasi Windows. Kerentanan ini mampu memberikan peretas kemampuan untuk mengendalikan komputer PC pengguna.

Cacat keamanan ini dikenal sebagai PrintNightmare dan mempengaruhi layanan Windows Print Spooler. Pada akhir Mei lalu, para peneliti mengunggah tweet mereka menemukan kerentanan di Print Spooler. Kemungkinan banyak pengguna mengakses printer.

Mereka secara tidak sengaja menerbitkan bukti konsep online dan lalu menghapusanya. Namun akhirnya konsep itu dipublikasikan di tempat lain secara online termasuk situs pengembang GitHub.


Microsoft menyebutkan peretas yang mengeksplorasi kerentanan bisa menginstal program, melihat dan menghapus data atau bahkan membuat akun pengguna baru dengan hak pengguna penuh. Dengan begitu memberi peretas bisa memerintahkan dan kendali atas PC untuk melakukan kerusakan yang lebih serius.

Sejumlah sistem operasi terdampak atas aksi ini. Selain Windows 10 ada juga Windows 7, yang sebenarnya sudah dihentikan dukungan nya untuk Microsoft tahun lalu dan tak akan mengeluarkan pembaruan lagi.

Microsoft akhirnya mengeluarkan tambalan bagi Windows 7. Selain itu update untuk Windows Server 2016, Windows 10, versi 1607 dan Windows Server 2012 diharapkan akan segera hadir, dikutip dari CNN, Kamis (8/7/2021).

Microsoft juga mendesak para pengguna langsung memasang pembaruan dalam sistem operasinya. "Kami merekomendasikan Anda menginstall pembaruan ini langsung," kata perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading