Jeff Bezos Mundur Dari Bos Amazon Hari ini, Berapa Hartanya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 July 2021 12:40
Founder, Chairman, CEO and President of Amazon Jeff Bezos speaks during an event about Blue Origin's space exploration plans in Washington, U.S., May 9, 2019. REUTERS/Clodagh Kilcoyne

Jakarta, CNBC Indonesia - Jeff Bezos resmi mundur sebagai CEO Amazon mulai hari ini (5/7/2021). Posisinya akan digantikan Andy Jassy yang sebelumnya menduduki posisi chief Amazon web services.

Setelah hari ini, Jeff Bezos tidak akan mengurusi manajemen harian Amazon. Orang terkaya di dunia ini akan menduduki posisi sebagai executive chairman Amazon. Ia juga akan fokus mengurusi projek lainnya termasuk perusahaan luar angkasa miliknya, Blue Origin.

Soal harta pribadi, Jeff Bezos kini memiliki kekayaan sebesar US$201,8 miliar atau setara Rp 2.926,1 triliun (asumsi Rp 14.500/US$), menurut versi Forbes. Sebesar 90% total kekayaannya berasal dari Amazon. Jeff Bozos menguasai menguasai 11,1% saham raksasa e-commerce Amerika Serikat (AS) itu.


Jeff Bezos memulai Amazon sebagai toko buku online 27 tahun lalu di sebuah garasi. Ia mengemas sendiri pesanannya dan mengirimkan barang tersebut ke kantor pos untuk dikirimkan ke pembeli.

Perlahan namun pasti, Jeff Bezos membawa Amazon sebagai sebagai perusahaan teknologi yang memiliki lini bisnis e-commerce, artificial intelligence (kecerdasan buatan) cloud computing, hingga streaming digital.

Dikutip dari AFP, Senin (5/7/2021), Amazon merupakan perusahaan paling berharga di dunia saat ini. Kapitalisasi pasar atau market capitalization perusahaan ini sudah tembus US$1,7 triliun.

Menurut majalah Forbes, kekayaan Jeff Bezos melonjak US$ 196 miliar sejak tahun 1998, ketika namanya pertama kali terdaftar di daftar orang terkaya Amerika versi majalah itu.

Media usatoday.com mengatakan dalam laporannya kekayaan Bezos meningkat 73 persen sejak 2019. Namun laporan itu juga menunjukkan Jeff Bezos membayar pajak penghasilan dalam jumlah yang kecil kepada negara.

Mengutip organisasi nirlaba ProPublica yang berbasis di New York City, yang memeriksa data kepatuhan pajak beberapa orang Amerika terkaya dari Internal Revenue Service, Jeff Bezos tidak membayar pajak federal pada 2007, ketika dia sudah menjadi miliarder.

Dia juga tidak membayar pajak federal pada tahun 2011, ketika kekayaan bersihnya sudah mencapai US$18 miliar dan juga mendapat kredit pajak untuk anak-anaknya senilai US$4.000, menurut data tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jeff Bezos Resmi Mundur dari Jabatan CEO Amazon


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading