Gokil! Grab Siapkan Mobil Listrik Murah untuk Drivernya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 June 2021 13:19
Mobil Listrik Grab Indonesia. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grab bersama Hyundai Motor Group meluncurkan program percobaan kendaraan listrik baru (Electric Vehicle/EV) untuk memungkinkan kepemilikan kendaraan listrik yang terjangkau dan mudah diakses. Keduanya juga mengembangkan peta jalan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Dua mitra ini akan meluncurkan program percobaan barunya di Singapura, Indonesia dan Vietnam berfokus pada mengatasi hambatan saat ini terkait total biaya kepemilikan kendaraan listrik.

Program percobaan ini akan menguji model bisnis kendaraan listrik baru seperti pengaturan leasing penyedia baterai dan mobil, dan opsi pembiayaan kendaraan listrik yang disesuaikan dengan mitra pengemudi dan pengantaran Grab.

Grab dan Hyundai juga akan melakukan studi kelayakan mendalam tentang kesenjangan dan hambatan dari proses kepemilikan dan adopsi kendaraan listrik yang lebih luas, serta mengembangkan peta jalan bersama untuk menjadikan EV sebagai pilihan yang lebih memungkinkan untuk layanan mobilitas dan pengantaran on-demand.

"Hyundai Motor Group dan Grab telah mampu menciptakan posibilitas untuk bisnis kendaraan listrik di Asia Tenggara melalui kerja sama sejak tahun 2018," kata Minsung Kim, Vice President of the Innovation Division, Hyundai Motor Group.

Russell Cohen, Group Managing Director of Operations, Grab mengatakan meskipun kendaraan listrik ini relatif baru di Asia Tenggara, Grab berencana untuk mengambil peran penting dalam bekerja sama dengan mitra dan pemerintah guna mempercepat adopsi kendaraan listrik ini melalui uji coba berbasis data.

"Sebagaimana kebijakan dan insentif kendaraan listrik dari pemerintah telah diterapkan dan infrastruktur esensial seperti stasiun pengisian juga terus dibangun, kemitraan ini akan memberikan wawasan dan praktik terbaik tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai bagian dari operasional rutin para pengemudi dan mitra pengiriman," katanya dalam siaran pers, Selasa (22/6/2021).

"Kami telah menguji coba cara untuk memberikan efektifitas para mitra pengemudi dengan memberikan kesempatan untuk menukar baterai sepeda listrik (e-moped) mereka di GrabKitchen sambil menunggu mengambil pesanan. Adopsi kendaraan listrik yang sukses merupakan sebuah upaya multi-stakeholder, khususnya di Asia Tenggara, dan kami akan terus memanfaatkan teknologi dan kepemimpinan operasional kami untuk terus membangun armada bagi masa depan."



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading