Negara Ini Tolak Vaksin Sinovac Gegara Dinilai Kurang Mujarab

Tech - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
19 June 2021 10:00
Infografis/Lawan Covid-19!, Ini Daftar Negara yang beri izin gunakan vaksin Sinovac/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Proses vaksinasi di beberapa negara terus dipercepat untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan demikian, diharapkan dunia bisa segera keluar dari krisis pandemi Covid-19.

Berbagai jenis vaksin sudah mulai beredar. Salah satunya yaitu vaksin produksi perusahaan China Sinovac. Meski Indonesia dan beberapa negara menggunakan vaksin ini, ternyata ada negara yang menolak vaksin tersebut.

Pemerintah Costa Rica memutuskan untuk menolak kedatangan vaksin Covid-19 yang diproduksi perusahaan China Sinovac. Langkah ini diambil karena negara itu merasa skeptis dengan keampuhan vaksin itu.


Mengutip CNBC International yang melansir Reuters, Costa Rica secara terang-terangan menyebut bahwa vaksin yang diproduksi perusahaan China itu tidak cukup efektif dalam melawan penularan Covid-19. Namun tak dijelaskan secara rinci tingkat keefektifan vaksin itu di sana.

"Kami telah memutuskan untuk menolak pengiriman vaksin Covid-19 Sinovac Biotech untuk saat ini dengan dasar vaksin itu tidak cukup efektif," ujar otoritas kesehatan negara itu pada Rabu (16/6/2021).

Hal ini cukup berbeda dengan data yang disebarkan beberapa negara di dunia. Di Uruguay, sebuah rilis penelitian menunjukkan vaksin itu ampuh 90% dalam mencegah infeksi dan kematian di perawatan intensif.

Sementara itu di Indonesia, di mana vaksin ini juga digunakan, pemerintah menyebut vaksin bernama resmi CoronaVac ini ampuh 65,3% dalam menghambat penularan virus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah memberikan izin edar darurat bagi vaksin itu di mana CoronaVac dikabarkan ampuh 51% mencegah penyakit simptomatik pasca infeksi dan mencegah infeksi parah hingga 100%.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading