Ini Ramalan 'Mengerikan' Soal Pengguna 5G di Masa Depan!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
16 June 2021 19:57
FILE PHOTO: A 5G sign is seen during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 28, 2018. REUTERS/Yves Herman/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Berdasarkan laporan mobilitas terbaru Ericsson mencatat pelanggan 5G secara global pada akhir tahun 2021 lebih dari 580 juta pelanggan. Temuan tersebut dua kali dari yang didapatkan pada tahun 2020 yakni 220 juta pelanggan.

Selain itu juga terlihat terdapat tambahan hingga 1 juta pelanggan 5G per hari di dunia. Pada akhir 2026, kemungkinan akan ada 3,5 miliar pelanggan di dunia. Jumlah itu merupakan 40% dari semua pelanggan, dikutip dari Cnet, Rabu (16/6/2021).

Penyumbang terbesar nantinya diperkirakan berasal dari Asia Timur Laut, dengan perkiraan 1,4 miliar pelanggan.


Sementara pasar Amerika Utara dan Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk (Gulf Cooperation Council - GCC) diperkirakan akan menyumbang penetrasi langganan 5G tertinggi. Masing-masing terdiri dari 64% dan 73% dari semua pelanggan seluler regional, seperti dikutip dari Yahoo Finance.

Ericsson juga menyebutkan pemilik smartphone rata-rata menggunakan lebih dari 10GB data per bulannya. Sementara trafik data bertumbuh 46% antara kuartal pertama 2020 dan 2021.

"5G tentu saja terjadi, terlepas dari pandemi dan apa yang Anda harapkan dari evolusi teknologi yang lebih lambat," kata Head of Strategic Marketing Insights Ericsson, Patrik Cerwall.

Ia menambahkan jika semua orang melihat kebutuhan akan adanya teknologi. Sebelum pandemi merebak, jaringan 5G sudah mulai diluncurkan di sejumlah wilayah di dunia. Sudah lebih dari 160 penyedia layanan secara global meluncurkan 5G sejauh ini.

Selain itu lebih dari 300 ponsel 5G yang tersedia dengan teknologi. Akibat pandemi, dunia juga menghadapi kekurangan chip secara global. Kejadian ini merugikan banyak industri mulai dari mobil hingga konsol game. Namun, menurut Cerwall, kekurangan chip juga tak akan mempengaruhi penyerapan 5G.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading